speaker

Investor Relations

ANJ CATAT KENAIKAN PRODUKSI CPO 1.8% PADA KUARTAL KETIGA 2022

02 Nov 2022

 

Jakarta, 2 November 2022 – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) mengumumkan kinerja operasional dan keuangan kuartal ketiga tahun 2022 yang berakhir pada 30 September 2022. ANJ mencatat peningkatan produksi Crude Palm Oil (CPO) sebesar 1,8% dari 200.661 metrik ton (mt) pada kuartal ketiga 2021 menjadi 204.220 mt pada kuartal ketiga 2022.

Sementara itu, harga CPO terus mengalami tren penurunan selama kuartal ketiga 2022 sebagai dampak dari peningkatan pasokan global. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk peningkatan hasil produksi di Malaysia, peniadaan pungutan ekspor di Indonesia guna mengurangi dampak berlimpahnya persediaan CPO domestik, serta melambatnya permintaan dari negara-negara maju karena kekhawatiran akan resesi global dan lockdown berkepanjangan di Cina.

Namun demikian, ANJ mencatatkan peningkatan Harga Jual Rata-Rata (HJR) sebesar 16,8% untuk CPO sebesar USD 878/mt pada kuartal ketiga 2022. Peningkatan tersebut lebih tinggi dari HJR pada periode yang sama di tahun lalu, yaitu sebesar USD 752/mt. Sedangkan HJR untuk PK pada kuartal ketiga 2022 meningkat 31,5% lebih tinggi, yaitu sebesar USD 630/mt. Untuk HJR PKO tercatat mengalami peningkatan 51,9% menjadi USD 1.509/mt pada kuartal ketiga 2022 dari USD 933/mt pada periode yang sama di tahun 2021.

ANJ mencatat laba bersih sebesar USD 21,0 juta, turun sebesar USD 3,7 juta  dibandingkan dengan laba bersih sebesar USD 24,7 juta pada kuartal ketiga 2021, disebabkan oleh peningkatan beban pokok pendapatan pada kuartal ketiga 2022 karena pembelian TBS eksternal yang lebih tinggi dan juga dampak dari kenaikan harga pupuk dan solar.

“Dengan dibukanya kembali kran ekspor serta keringanan berupa pembebasan pungutan ekspor sampai dengan akhir tahun, prospek bisnis kelapa sawit masih akan terus tumbuh. Kami perkirakan tren positif produksi CPO akan berlanjut pada kuartal empat 2022.,” jelas Lucas Kurniawan, Direktur Utama ANJ.

Baru-baru ini ANJ kembali mendapatkan penghargaan Disclosure Rating Leadership A dalam acara “Environment, Social, Governance (ESG) Disclosure Awards 2022”, pada 26 Oktober 2022. Acara ini digelar oleh Majalah Investor – Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) dan merupakan apresiasi bagi perusahaan yang dinilai memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG.

“Kami menyadari pentingnya pelaporan ESG yang transparan untuk membantu konsumen dan investor membuat keputusan yang tepat. Kami mengikuti pedoman pelaporan ESG berdasarkan standar internasional seperti Global Reporting Initiative (GRI) untuk memastikan bahwa kami menjunjung tinggi komitmen yang dibuat dalam kebijakan keberlanjutan kami,” tutup Lucas.

 

 

Other Articles

GRUP ANJ RAIH NILAI TERBAIK UNTUK PENGELOLAAN RISIKO ESG DAN TRANSPARANSI
28 Nov 2022

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) baru-baru ini menerima hasil penilaian ESG Risk Rating yang dilakukan oleh Sustainalytics dengan nilai 18,3 atau masuk dalam kategori risiko rendah. Dengan nilai tersebut, ANJ menempati peringkat pertama sebagai perusahaan dengan risiko ESG paling rendah dari 95 perusahaan pertanian dan peringkat ke-10 dari 601 perusahaan industri makanan global yang dinilai Sustainalytics.

PROMOSI SAWIT BERKELANJUTAN, GRUP ANJ SAMBUT KUNJUNGAN KEMENLU DAN PERWAKILAN KEDUTAAN AMERIKA DAN EROPA
24 Nov 2022

Jakarta – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di pulau Belitung, menerima kunjungan dari Duta Besar dan Diplomat dari 9 Kedutaan Besar negara sahabat di kawasan Amerika dan Eropa, yaitu Chile, Belgia, Norwegia, Peru, Swiss, Ceko, Meksiko, Inggris dan Kolombia pada tanggal 24 November 2022.

ANJA DUKUNG PERBAIKAN AKSES JALAN DESA DI KECAMATAN HURISTAK
24 Nov 2022

Padang Lawas – PT Austindo Nusantara Jaya Agri Binanga (ANJA), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berlokasi di Padang Lawas Utara dan Padang Lawas, baru-baru ini memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar dengan membangun akses jalan sepanjang satu kilometer yang menghubungkan Desa Tobing Tinggi menuju Desa Pulo Bariang, serta melakukan perbaikan akses menuju Ibu Kota Kecamata Huristak.