Investor Relations

ANJ dan Denzipur Sorong Gelar Bintalfisdis untuk Calon Mandor Agronomi

23 Jul 2019

 

Dalam menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab, PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) terus berusaha untuk melakukan pembinaan bagi seluruh pekerjanya dengan menerapkan aturan yang menuntut tanggung jawab dan disiplin diri.

Upaya ini dilakukan dengan memberikan pembinaan mental, fisik dan disiplin (Bintalfisdis) bersama Denzipur 13/PPA Sorong, Senin (22 Juli), kepada 20 orang pekerja asli Papua yang direkrut sebagai mandor agronomi untuk PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), dua unit usaha kelapa sawit ANJ yang beroperasi di Kabupaten Sorong Selatan.

Dimulai Jumat lalu dan selama seminggu (19/7-26/7), 20 pekerja yang berasal dari perkebunan tersebut menjalani pelatihan fisik, disiplin serta materi wawasan kebangsaan dan bela negara, pengetahuan pengaturan penjagaan patroli dan pengawalan serta kesehatan lapangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan, Dance Y Flassy, mengapresiasi kegiatan pelatihan ini dan mengingatkan secara fisik dan disiplin untuk peserta akan memperkuat tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan, keluarga, lingkungan dan terutama terhadap diri sendiri.

“Ajari mereka untuk mencintai pekerjaan, mencintai diri dan keluarga sebab melalui pelatihan ini, saya percaya mereka akan melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan dan dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Dance.

“Saya berterima kasih kepada perusahaan telah mengambil langkah advokasi dan kalau bisa pola ANJ ini diikuti oleh perusahaan lainnya,” tambah Dance dalam pengarahannya kepada para peserta pelatihan di markas Denzipur 13/PPA.

Pelatihan ini, kata Dance, dapat memotivasi seluruh pekerja untuk memiliki disiplin dan tanggung jawab sebagai seorang profesional. “Kalau orang disiplin itu masa depannya pasti baik,” tambahnya.

Komandan Denzipur 13/PPA Sorong, Mayor CZI Bayu Nugroho, menambahkan materi pelatihan yang diberikan oleh pelatih dari detasemen menanamkan kedisplinan, kewarganegaraan dan nasionalisme. 

“Tentu harapannya adalah setelah pelatihan selama seminggu, para peserta akan lebih termotivasi untuk menjadi pemimpin yang bisa menjadi contoh. Sikap profesional dan disiplin adalah landasan kita untuk bekerja dimanapun,” ungkap Mayor Bayu.

Direktur PPM dan PMP, Yoomeidinar, mengatakan pelatihan gelombang ke-2 ini adalah komitmen ANJ untuk merekrut dan mengembangkan kapabilitas pekerja asal Papua dan Papua Barat sebagai sumber daya manusia yang dapat berkompetisi.

Sebelumnya, seluruh peserta telah menjalani pelatihan internal tentang agronomi selama dua minggu di Hexagon PPM.

Agustinus Luther Daimar, warga asli Kampung Puragi yang menjadi salah satu dari peserta pelatihan, menilai materi pelatihan yang diberikan akan membantu dirinya pada saat ia mulai bekerja sebagai mandor di PPM. “Sa harap untuk jadi lebih disiplin, rajin bekerja dan bisa mengatasi kendala di lapangan,” katanya. 

PT PMP sedang memasuki tahap penyelesaian pembangunan lini pertama pabrik kelapa sawit (mill) dengan kapasitas awal produksi sebesar 45 MT per jam. Per April 2019, pembangunan fasilitas sudah mencapai 93% dan direncanakan selesai pada kuartal kedua 2019. Pada tahun 2021, mill di PMP ditargetkan mampu mencapai tingkat produksi sebesar 90 MT per jam.

Perkebunan ANJ di Papua Barat memang belum menghasilkan minyak kelapa sawit, namun ratusan anggota masyarakat telah menikmati pendapatan yang stabil, layanan kesehatan gratis dan karir yang berkembang. Hingga akhir 2018, keberadaan perusahaan melalui upah tenaga kerja telah memberi kontribusi lebih dari Rp 35 miliar yang turut menggerakkan ekonomi daerah dengan lebih dari 90 persen tenaga kerja adalah masyarakat Papua. 

Aktivitas usaha ANJ difokuskan pada bidang perkebunan dan produk pangan yang membentang dari Sumatra hingga Papua. Dalam menjalankan bisnis dan operasi, kami menganut nilai-nilai hakiki yaitu Integritas; Menghargai Sesama Manusia & Lingkungan; dan Peningkatan Kemampuan Secara Berkesinambungan.

 

Other Articles

ANJ Gelar Pelatihan HAM dan Penghormatan Hak Atas Tanah
07 Aug 2019

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menggelar pelatihan tentang hak atas penguasaan tanah (tenurial) untuk karyawan yang bekerja di tiga unit usaha yang berada di Papua Barat sebagai bentuk pengayaan dalam penghormatan hak asasi manusia (HAM).

PT PPM dan Koperasi Puja Permata Awiyago Kasih Kelola Bersama Truk Jungkit
25 Jul 2019

PT Permata Putera Mandiri (PPM), unit usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang bergerak di industri kelapa sawit di Papua Barat, menandatangani kerja sama dengan Koperasi Transportasi Puja Permata Awiyago Kasih (PPAK) untuk mengoperasikan truk jungkit (dump truck) pengangkut tandan buah segar (TBS) ke dalam pabrik kelapa sawit.

PT PPM dan Koperasi Sumano Hiwa Mandiri Jalin Kerja Sama Kelola Truk TBS
08 Jul 2019

PT Permata Putera Mandiri (PPM), unit usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang bergerak di industri kelapa sawit di Papua Barat menjalin kerja sama dengan Koperasi Transportasi Sumano Hiwa Mandiri untuk mengoperasikan truk jungkit (dump truck) pengangkut tandan buah segar (TBS) ke dalam pabrik kelapa sawit.