speaker

Investor Relations

ANJAP Dukung Pengembangan Hidroponik Untuk Ketahanan Pangan Rumah Tangga

05 Jul 2021

 

 

  

Awaire – Hidroponik saat ini menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran hijau. Oleh karena itu, dalam upaya mendorong kemandirian di kalangan para mama di distrik Matemani Kabupaten Sorong Selatan, PT ANJ Agri Papua (ANJAP) melalui kelompok pemberdayaan perempuan “Warung Mama” telah membuat kebun sayur hidroponik.

Upaya yang dilakukan perusahaan melalui Franzoktiz Papilaya dan CID sejak Februari 2021 untuk mendorong para mama dalam memanfaatkan lahan kosong yang berada dibelakang Warung Mama untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik, metode menanam tanpa tanah yang menggunakan air sebagai media tumbuhnya. Sistem ini lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Dengan lahan yang ada serta memanfaatkan sampah botol dan gelas plastik sebagai salah satu media tanamnya, para mama membuat kebun hidroponik berukuran 7 x 3, dengan lubang tanam sebanyak 56.

Metode ini memang terbilang baru bagi para mama, namun mereka antusias mengikuti bimbingan dan arahan, sehingga lahan kosong itu pun berhasil disulap menjadi kebun produktif yang menghasilkan sayur, seperti sawi putih untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Saya senang sekali dengan kebun hidroponik ini, saya dan mama yang lain belajar barang ini, torang su panen dan jual ke karyawan disini,” kata mama Agustina Kadae, Ketua Kelompok Warung Mama.

Secara terpisah General Manager ANJAP, Ernst Siregar, menyampaikan dukungannya kepada kelompok ‘Warung Mama’ dalam mengembangkan kemandirian ekonomi melalui kebun hidroponik. Sekali pun metode tanam ini terbilang baru bagi para mama, namun dirinya tetap berharap agar nantinya mereka dapat memanfaatkan lahan disekitar rumahnya menjadi kebun hidroponik yang dapat ditanami sayur dan buah sesuai dengan keinginan mereka.

“Kami terus mendorong para mama untuk belajar bercocok tanam dengan sistem hidroponik ini, dan membantu mewujudkannya dengan menyediakan sarana dan bibit sayur dan buah. Selain itu, jika dilihat dari segi gizi dan kandungannya, sayur hidroponik ini lebih bagus,” ujar Ernst Siregar.

 

Other Articles

ANJ DUKUNG ANAK INDONESIA HEBAT LEWAT AKSES PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
23 Jul 2021

Kebijakan Keberlanjutan ANJ: ”Road to Net Zero”
21 Jul 2021

Walau realisasi volume ekspor minyak sawit turun karena pandemi Covid-19, nilai ekspor dari komoditas itu justru mengalami kenaikan sebesar 13,6 persen secara tahunan, menjadi 22,97 miliar dollar AS. Meski membanggakan, produksi sawit sering kali dianggap menyebabkan kebakaran hutan lewat alih fungsi lahan, menciptakan emisi karbon, hingga merugikan masyarakat dan satwa yang tinggal di sekitar perkebunan kelapa sawit

ANJ DUKUNG KETAHANAN EKONOMI MELALUI PROGRAM KOPERASI UNTUK MASYARAKAT SEKITAR
13 Jul 2021

Jakarta – Dalam kegiatan operasinya, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) berkomitmen bahwa perusahaan dapat mencapai kemakmuran dan tumbuh sebagai bisnis ketika masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi mendapatkan manfaat dari kehadiran perusahaan tumbuh dan berkembang bersama.