speaker

Investor Relations

ANJAP Dukung Pengembangan Hidroponik Untuk Ketahanan Pangan Rumah Tangga

05 Jul 2021

 

 

  

Awaire – Hidroponik saat ini menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran hijau. Oleh karena itu, dalam upaya mendorong kemandirian di kalangan para mama di distrik Matemani Kabupaten Sorong Selatan, PT ANJ Agri Papua (ANJAP) melalui kelompok pemberdayaan perempuan “Warung Mama” telah membuat kebun sayur hidroponik.

Upaya yang dilakukan perusahaan melalui Franzoktiz Papilaya dan CID sejak Februari 2021 untuk mendorong para mama dalam memanfaatkan lahan kosong yang berada dibelakang Warung Mama untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik, metode menanam tanpa tanah yang menggunakan air sebagai media tumbuhnya. Sistem ini lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Dengan lahan yang ada serta memanfaatkan sampah botol dan gelas plastik sebagai salah satu media tanamnya, para mama membuat kebun hidroponik berukuran 7 x 3, dengan lubang tanam sebanyak 56.

Metode ini memang terbilang baru bagi para mama, namun mereka antusias mengikuti bimbingan dan arahan, sehingga lahan kosong itu pun berhasil disulap menjadi kebun produktif yang menghasilkan sayur, seperti sawi putih untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Saya senang sekali dengan kebun hidroponik ini, saya dan mama yang lain belajar barang ini, torang su panen dan jual ke karyawan disini,” kata mama Agustina Kadae, Ketua Kelompok Warung Mama.

Secara terpisah General Manager ANJAP, Ernst Siregar, menyampaikan dukungannya kepada kelompok ‘Warung Mama’ dalam mengembangkan kemandirian ekonomi melalui kebun hidroponik. Sekali pun metode tanam ini terbilang baru bagi para mama, namun dirinya tetap berharap agar nantinya mereka dapat memanfaatkan lahan disekitar rumahnya menjadi kebun hidroponik yang dapat ditanami sayur dan buah sesuai dengan keinginan mereka.

“Kami terus mendorong para mama untuk belajar bercocok tanam dengan sistem hidroponik ini, dan membantu mewujudkannya dengan menyediakan sarana dan bibit sayur dan buah. Selain itu, jika dilihat dari segi gizi dan kandungannya, sayur hidroponik ini lebih bagus,” ujar Ernst Siregar.

 

Other Articles

ANJ RAIH PENGHARGAAN INOVASI LINGKUNGAN DAN SOSIAL
12 Sep 2022

Jakarta – Berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali mencatat prestasi melalui empat anak perusahaan PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dengan berhasil meraih 21 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) yang diberikan oleh Sucofindo pada 9 September 2022 yang lalu.

SMM PERKUAT SINERGI DENGAN PEMDA UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA
31 Aug 2022

Belitung – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) baru-baru ini (23/8) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Dendang untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta patroli pemantuan titik panas dan lokasi rawan kebakaran yang berada di sekitar area Kecamatan Dendang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pemerintahan Kecamatan Dendang, Polsek Dendang, Kepala Desa yang berada di Kecamatan Dendang, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Dendang.

ANJ WON THE ANUGERAH INOVASI INDONESIA AWARD
26 Aug 2022

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) ) recorded another achievement at the IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022 held last night, August 25th, 2022. ANJ successfully won the main award for the internal process category for the innovation "Responsible Development Program" along with the award in the "Green Economy" category for the innovation "Tanam Sapu Tangan Jarwo"