Investor Relations

General Manager PT SMM terima kunjungan Jurnalis Papua Barat di ANJ Learning Center

23 Nov 2017

 

Belitung Timur, 22 November 2017 - Delapan Jurnalis Papua Barat diundang dalam kegiatan Media Visit ke PT SMM. Kedelapan Jurnalis Papua Barat tersebut meliputi perwakilan dari TVRI Sorong Selatan,  Papua Barat Pos,  ANTARA, Teropong News, dan Radar Sorong. Turut ikut serta dalam kegiatan ini Ketua PWI Sorong Raya, Sekretaris Ikatan Jurnalis Televisi Papua Barat, dan staff Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

Group Head Corporate Communications ANJ, Nunik Maharani mengatakan peran media sangat penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang industri kelapa sawit. Dalam beroperasi ANJ senantiasa memperhatikan pengembangan yang bertanggung jawab, yaitu keseimangan antara aspek sosial, operasi dan lingkungan.

Mulkan Nasution, General Manager SMM, dalam sambutannya saat menerima kunjungan para Jurnalis, mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam meningkatkan pemahaman pemahaman masyarakat tentang industri kelapa sawit yang memberi kontribusi tinggi terhadap ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja.

"Sekitar 1 hektar lahan kelapa sawit bisa menyerap 7 sampai 10 tenaga kerja, di SMM kita punya total lahan sekitar 17 ribu hektar. Bayangkan berapa banyak tenaga kerja yang terserap dan itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat." ujar Mulkan.

Dalam paparannya, Mulkan menyebutkan di tahun 2017 ada 1729 karyawan yang bekejra di PT SMM, terdiri dari 1297 penduduk lokal dan 432 warga luar Belitung.

Aspek keberlanjutan juga menjadi perhatian utama SMM. Di bidang lingkungan, SMM memiliki area seluas 1540 hektar atau hampir 10 persen dari total lahan SMM. Perusahaan juga telah mengantongi sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO, International Sustainability & Carbon Certification (ISCC), dan juga Roundtable on Sustainable Palm Oil atau RSPO.

"Dalam setiap kegiatan kita selalu mengacu dan patuh kepada nilai-nilai yang ditanamkan di ANJ, salah satunya adalah menghargai sesama manusia dan alam." lanjut Mulkan

Salah satu peserta, Elisio Alves mengaku sangat menikmati dan berterima kasih kepada SMM yang telah memberikan pencerahan kepadanya tentang pengolahan dan kegiatan operasional kelapa sawit secara umum.

"Selama kegiatan, saya diberikan pemahaman dan edukasi tentang pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang disampaikan oleh GM, Manajer, dan karyawan SMM lainnya. Saya harap kegiatan perkebunan sawit seperti ini bisa segera dilakukan di Sorong Selatan, agar ekonomi masyarakat sekitar juga bisa terangkat." kata Elisio, salah satu staff humas & Protokoler Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

ANJ juga memiliki perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat dengan wilayah konsesi seluas 91.000 ha.

 

Tentang PT Sahabat Mewah Makmur

PT Sahabat Mewah Makmur atau SMM bernaung dibawah kelompok PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang fokus kepada perkebunan kelapa sawit.   SMM diakuisisi oleh ANJA pada bulan maret 2003.  SMM bergerak dalam bidang penanaman, pengembangan dan pengolahan kelapa sawit dengan menghasilkan minyak kelapa sawit dan inti sawit. SMM mengelola dan mengoperasikan perkebunan ANJ di pulau Belitung dengan luas lahan 17,224.93 hektar. Bibit perdana kelapa sawit ditanam pada tahun 1990 dan pembangunan pabrik kelapa sawit selesai dilakukan pada tahun 1996. Pabrik kelapa sawit smm memiliki kapasitas produksi sebesar 60 ton per jam.

 

Other Articles

ANJ Rilis Laporan Keberlanjutan Perdana
11 Oct 2017

Jakarta, 9 Oktober 2017 - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) untuk kali pertama merilis Laporan Keberlanjutan yang mencakup kinerja keberlanjutan sepanjang 2016 sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Perusahaan kepada publik. Dalam laporannya, ANJ melaporkan perkembangan, pencapaian, strategi dan aktivitas keberlanjutan Perusahaan yang dicapai melalui praktik-praktik manajemen terbaik berdasarkan keseimbangan tiga pilar Kebijakan Keberlanjutan: Pengelolaan Lingkungan, Kebijakan Usaha dan Tanggung Jawab Sosial. ANJ merencanakan Laporan Keberlanjutan dipublikasi setiap tahun.

ANJ Berhasil Menerapkan ERP SAP S/4 HANA di Semua Perkebunan yang Telah Menghasilkan
07 Jun 2017

Dengan sistem yang kini terintegrasi, perusahaan akan memiliki akses daring seketika (real-time) terhadap data operasional untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan

GSB Raih Penghargaan Pengentasan Kemiskinan
18 Apr 2017

PT Galempa Sejahtera Bersama (GSB), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), Senin (17/4) hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Swarna Dwipa, Palembang.  Dalam kesempatan tersebut GSB juga menerima Piagam Penghargaan Sriwijaya CSR Award Kategori Penanggulangan Kemiskinan.