speaker

Investor Relations

Grup ANJ Raih Berbagai Penghargaan Bisnis Berkelanjutan di Tahun 2020

18 Dec 2020

 

Jakarta, 18 Desember 2020 - Komitmen Grup ANJ dalam menjalankan prinsip pengembangan bertanggung jawab dan keberlanjutan berbuah pengakuan dengan diraihnya peringkat “Platinum” dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2020 dan diterimanya anugerah PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk periode 2019/2020 . PT Sahabat Mewah Makmur (SMM), salah satu anak perusahaan dari Grup ANJ, mencatat sejarah sebagai perkebunan kelapa sawit pertama yang menerima PROPER Emas.

PRO PER merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia taat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini diberikan oleh KLHK dengan mengukur kinerja keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan. Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Emas dan Hijau adalah penghargaan atas pemenuhan kriteria lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance].

Di samping SMM, anak usaha Grup ANJ lainnya, PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA], juga mendapatkan anugerah PROPER Hijau. SMM dan ANJA telah mencapai “beyond compliance” melalui pemikiran inovatif dalam menerapkan praktik manajemen lingkungan dan sosial terbaik. Salah satunya adala h penerapan Kebijakan “hero Wasfe” dalam pengelolaan limba h. lstini T. Siddharta, Chief Executive Officer Grup ANJ, mengatakan, “Pada tahun 2019 , tim kami di SMM telah melakukan upaya 3R Limbah B3, dan berhasil mengurangi limbah B3 sebesar 7,56 Ton. Inisiatif 3R |uga kami lakukan terhadap I lb.072, b2 Ton limbah padat non B3.”

Sementara itu, dalam ajang ASRRAT 2020 yang diselenggarakan oleh The National Center for Sustainability ReportingINCSR) bekerjasama dengan Institute of Certified Sustainability Practitioner (ICSP), Grup ANJ berhasil meraih penghargaan tertinggi dengan predikat Platinum”, sebua h peningkatan atas pencapaian ANJ pada tahun sebelum nya ketika memperoleh predikat “Gold”. ASRRAT merupakan penghargaan kepada lembaga yang mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan secara komprehensif dan transparan kepada pemangku kepentingan melalui laporan berkelanjutan yang memenuhi standar Global Reporting Initiative.

Istini T. Siddharta, menambahkan, “Keberlanjutan telah tertanam dalam visi kami untuk menjadi perusahaan pangan berbasis agribisnis kelas dunia yang meningkatkan taraf hidup masyarakat dan alam. Kami mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan kami, berinvestasi di masyarakat setempat, dan berupaya mewujudkan dampak lingkungan yang lebih baik di area tempat kami beroperasi.”

Sebelumnya, ANJ telah memperoleh penghargaan lainnya terkait inisiatif dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan seperti ‘ESG Awards' 2020 di kategori Peringkat Keterbukaan ESG Emiten Sektor Pertanian dan Peternakan Terbaik, penghargaan tersebut diberikan oleh Berita Satu Media bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation. Sedangkan ANJA dan SMM berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Green Awards’ ke-8 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Yayasan KEHATI.

ANJ juga mendapatkan penghargaan ‘Tempo Country Contributor Award 2020' pada kategori ’The Most Appreciated Corporate Social Responsibility-Country Contributor 2020’. ‘Tempo Country Contributor Award 2020' adalah apresiasi yang diberikan kepada korporasi dan institusi lainnya atas inisiatif CSR yang dinilai inovatif dan memberikan dampak positif yang cukup signifikan kepada pembangunan masyarakat dan pemeliharaan lingkungan.

“Sepanjang 2020, kami telah mengatasi tantangan melalui inovasi dan kegigihan untuk memastikan komitmen pengembangan bertanggung jawab dan konservasi kami terus dipenuhi di wilayah operasional kami,” ujar Istini.

 

 

Other Articles

ANJ DUKUNG ANAK INDONESIA HEBAT LEWAT AKSES PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
23 Jul 2021

Kebijakan Keberlanjutan ANJ: ”Road to Net Zero”
21 Jul 2021

Walau realisasi volume ekspor minyak sawit turun karena pandemi Covid-19, nilai ekspor dari komoditas itu justru mengalami kenaikan sebesar 13,6 persen secara tahunan, menjadi 22,97 miliar dollar AS. Meski membanggakan, produksi sawit sering kali dianggap menyebabkan kebakaran hutan lewat alih fungsi lahan, menciptakan emisi karbon, hingga merugikan masyarakat dan satwa yang tinggal di sekitar perkebunan kelapa sawit

ANJ DUKUNG KETAHANAN EKONOMI MELALUI PROGRAM KOPERASI UNTUK MASYARAKAT SEKITAR
13 Jul 2021

Jakarta – Dalam kegiatan operasinya, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) berkomitmen bahwa perusahaan dapat mencapai kemakmuran dan tumbuh sebagai bisnis ketika masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi mendapatkan manfaat dari kehadiran perusahaan tumbuh dan berkembang bersama.