speaker

Investor Relations

KONSISTEN IMPLEMENTASI ESG, ANJ RAIH PENGHARGAAN ESG AWARDS 2021

28 Oct 2021

 

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) dianugerahi penghargaan Disclosure Rating Leadership A dalam acara “Environment, Social, Governance (ESG) Disclosure Awards 2021”, pada 27 Oktober 2021. Acara ini, yang digelar Majalah Investor – Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF), merupakan ajang pemberian apresiasi kepada perusahaan yang memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG. 

Deni Daruri, founder BGKF, mengatakan perhitungan skor pengungkapan (disclosure) ESG Awards dilakukan melalui analisa sustainability reporting untuk menentukan tingkat transparansi ESG yang menggunakan faktor-faktor ESG yang relevan. “BGKF telah mengidentifikasi 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar pedoman pelaporan,” kata Deni. Kriteria itu antara lain mencakup kriteria faktor ESG unggulan dari Pasar Modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan TCFD (Task Force on Climate-related Financial Disclosures), serta CDP (Carbon Disclosure Project). Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi sustainability reporting perusahaan dan cara menjaga operasi bisnis yang sustainable.

 

Istini T. Siddharta, Direktur Utama ANJ, mengatakan bahwa ESG dalam satu perusahaan merupakan tanggung jawab bersama baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal sehingga implementasinya membutuhkan kolaborasi penuh di antara para pihak tersebut. Menurut Istini, penghargaan ini menunjukkan bahwa kolaborasi tersebut telah berjalan dengan baik. Hal ini sejalan dengan ambisi ANJ untuk menjadi perusahaan yang terkemuka dalam keterbukaan dan pengungkapan ESG dan pelopor dalam penerapan ESG yang memberikan sumbangsih terhadap keberlanjutan pada tingkat global.

“Kami sangat gembira bahwa dalam penilaian ini Bumi Global Karbon sudah menggunakan 33 faktor utama ESG yang banyak kesamaannya dengan kriteria yang digunakan oleh perusahaan rating ESG internasional. Kami juga berharap penghargaan ini turut menunjukkan kepada publik dan pemangku kepentingan kami bahwa ANJ adalah salah satu perusahaan di industri kelapa sawit yang berkomitmen pada keberlanjutan. Saya berharap kita dapat semakin melangkah maju dalam mencintai, melindungi dan mewariskan bumi yang lestari untuk generasi yang akan datang,” ujar Istini.

Tahun ini adalah tahun kedua ESG Disclosure Awards telah diselenggarakan oleh BSMH dan BGKF. Pada tahun sebelumnya, ANJ juga telah berhasil meraih empat penghargaan dalam ajang “ESG Award 2020” dalam kategori: 1). Pengungkapan ESG Emiten Pertanian dan Perternakan Terbaik; 2). Pengungkapan Environmental (E) Emiten Pertanian dan Peternakan Terbaik; 3). Pengungkapan Social (S) Emiten Pertanian dan Peternakan Terbaik; 4). Pengungkapan Governance (G) Emiten Pertanian dan Peternakan Terbaik.

 

 

Other Articles

PPM DAN PMP RAIH SERTIFIKASI ISPO
14 Jan 2022

Sorong – Menyusul sertifikasi RSPO yang telah diraih oleh PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), dua anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) tersebut juga berhasil meraih sertifikasi ISPO. Sertifikasi dikeluarkan pada tanggal 3 Desember 2021 untuk PPM dan 16 Desember 2021 untuk PMP, kedua sertifikasi tersebut berlaku selama lima tahun. Penilaian sertifikasi dilakukan oleh PT Mutuagung Lestari, lembaga independen dan terakreditasi.

PERKUAT EKSISTENSI KELAPA SAWIT BERKELANJUTAN, DUA ANAK PERUSAHAN ANJ DI PAPUA RAIH SERTIFIKASI RSPO
10 Jan 2022

Sorong – Saat ini minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati berkelanjutan terbesar di dunia. Indonesia sebagai negara terbesar penghasil minyak kelapa sawit terus berupaya mendorong agar sawit memenuhi kebutuhan global. Sementara itu, tuntutan global terkait permintaan minyak sawit berkelanjutan ditangkap positif sebagian produsen kelapa sawit nasional, seperti yang dilakukan oleh Grup ANJ.

TERAPKAN INOVASI SOSIAL DAN LINGKUNGAN, GRUP ANJ RAIH DUA PROPER EMAS DARI KLHK
30 Dec 2021

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali menorehkan prestasi membanggakan di pengujung 2021. Melalui dua anak perusahaannya, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) berhasil mendapat penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).