Investor Relations

Paparan Publik ANJ 2016: ANJ Catat Laba Bersih US$ 9,2 Juta

06 Apr 2017

 

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (“ANJ”) menyelenggarakan Paparan Publik (5/4/2017) di Jakarta untuk memaparkan kinerja operasional dan keuangan perusahaan sepanjang 2016.

Dalam paparannya, Direktur Utama ANJ, Istini T. Siddharta, yang didampingi Direktur Keuangan, Lucas Kurniawan, menyatakan bahwa 2016 merupakan tahun yang baik bagi Grup ANJ.  Laba bersih mencapai US$ 9,2 juta, peningkatan yang signifikan dari kerugian bersih di 2015 sebesar US$ 8,4 juta. Selain itu, EBITDA 2016 tumbuh sebesar 49% menjadi US$ 35,3 juta. “Meskipun pendapatan kami meningkat sebesar 6,7% dari 2015, laba bersih dan EBITDA meningkat lebih signifikan daripada pendapatan kami.  Ini kami capai melalui pengelolaan kegiatan operasional dan keuangan yang hati-hati, serta upaya luar biasa untuk membatasi turunnya produksi akibat dampak El Nino,” jelas Istini.

Selain itu, ANJ memperoleh manfaat dari kenaikan signifikan harga jual rata-rata minyak kelapa sawit/crude palm oil (CPO) dan inti sawit/palm kernel (PK) dibandingkan harga jual rata-rata di 2015. Pendapatan Perusahaan meningkat menjadi US$ 134,4 juta, naik sebesar 6,7% dari US$ 126 juta di 2015.

Perkebunan Kelapa Sawit

Pada Desember 2016, ANJ meresmikan  pembukaan lajur pertama Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di anak perusahaanya di Kalimantan Barat, setelah berhasil melakukan uji coba sejak Oktober 2016. PKS tersebut dirancang dengan 2 lajur, masing-masing berkapasitas 45 ton per jam. Seluruh hasil panen perkebunan Kalimantan Barat saat ini telah diproses di pabrik yang baru.

Pada 2016 anak perusahaan ANJ di Binanga, Sumatera Utara memperoleh sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), menyusul dua anak perusahaan lain di Belitung dan Siais, Sumatera Utara, yang telah lebih dahulu memperoleh sertifikasi serupa, masing-masing di 2014 dan 2015. Ketiga perkebunan yang telah menghasilkan tersebut telah menjadi anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Pada November 2016 ANJ mengeluarkan Kebijakan Keberlanjutan (Sustainability Policy) sebagai payung kebijakan ANJ dalam pengelolaan aspek sosial dan lingkungan.

 

Pemanenan dan Pengolahan Sagu

Pabrik pengolahan sagu berkapasitas 1.250 ton per bulan telah melakukan uji coba produksi.  Produksi komersial akan dimulai pada kuartal pertama 2017.

 

Energi Terbarukan

Unit energi terbarukan ANJ menyumbang pendapatan sebesar US$ 6,4 juta di 2016, meningkat dari US$ 6,1 juta di 2015.

Kapasitas pabrik pembangkit listrik tenaga biogas di Perkebunan Belitung sebesar 1,8 MW ini mampu mengalirkan listrik melalui PLN ke sekitar 2.000 rumah tangga dengan kapasitas 900 VA.

 

Edamame

Sejalan dengan strategi ANJ keluar dari bisnis tembakau, pendapatan dari penjualan tembakau menurun dari 4,1% di 2015 menjadi 0,8% di 2016.

ANJ mulai melakukan transisi di entitas anak di bidang pemrosesan dan perdagangan tembakau, dengan menghentikan seluruh pembelian tembakau pada 2015 dan berganti fokus ke pemrosesan dan perdagangan hasil pertanian yang bernilai lebih tinggi, edamame.

Proyek percobaan perdana dimulai pada 2014 untuk memproduksi edamame. Percobaan tersebut terbukti berhasil dan dikembangkan kembali pada 2015 dengan fokus pada perolehan benih induk sebagai persiapan kegiatan komersial skala besar untuk penanaman dan ekspor edamame.

 

Lain-lain

Pada 20 Februari 2016, ANJ menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk mengangkat Darwin Cyril Noerhadi sebagai Komisaris Independen, dan menyetujui pengunduran diri Ridha D.M. Wirakusumah sebagai Komisaris Independen. RUPSLB juga sekaligus menunjuk Darwin Cyril Noerhadi sebagai Ketua Komite Audit menggantikan Ridha D.M. Wirakusumah.

 

Other Articles

ANJ Raih Penghargaan Pembangunan Kebun dan Tata Kelola Perusahaan
13 Dec 2018

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), perusahaan pangan berbasis agribisnis yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, meraih dua penghargaan sebagai pengakuan terhadap komitmen untuk pembangunan kebun yang berkelanjutan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Majukan Produk Pangan Desa Melalui Pelatihan Seniman Pangan
13 Dec 2018

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) mengikutsertakan 10 karyawan dan dua tokoh perempuan dari desa mitranya di Papua Barat dalam kegiatan pelatihan Seniman Pangan sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah kepada petani dan produknya yang bervariasi di Indonesia.

Kementerian Kerjasama Ekonomi Jerman Mengunjungi AANE dan SMM
17 Oct 2018

Jakarta, 17 Oktober 2018 – Pertukaran pengetahuan dan praktek terbaik adalah semangat utama dalam kunjungan bersama oleh Kementerian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Negara Federal Jerman (BMZ) dan Bappenas ke fasilitas Austindo Aufwind New Energy (AANE) beberapa waktu lalu.