speaker

Investor Relations

SMM BAGIKAN HARGA PREMIUM MINYAK SAWIT BERSERTIFIKAT RSPO KEPADA KOPERASI MITRA

30 Nov 2020

 

Jakarta – (26/11) PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) salah satu anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang berlokasi di pulau Belitung baru baru ini menyerahkan pembagian harga premium minyak sawit berkelanjutan untuk petani kemitraan.

Penyerahan pembagian harga premium dilaksanakan pada Selasa (24/11) bertempat di ANJ Learning Centre, Belitung. Pada acara penyerahan premi tersebut, SMM memberikan senilai Rp19.677.149 yang dibagikan kepada tiga koperasi yaitu Koperasi Mitra Lestari (KML) sebesar Rp6.806.172, Koperasi Mitra Anugrah (KMA) sebesar Rp4.954.146, dan Koperasi Sambar Jaya Makmur (KJSM) sebesar Rp7.916.831.

Perjalanan panjang dalam memperoleh sertifikat RSPO dimulai dengan kesiapan seluruh dokumen administratif dan legalitas secara lengkap. Sebelum ditanam atas areal tersebut telah melalui proses NPP (New Planting Procedure) RSPO. Areal yang diusulkan sertifikasi harus juga dapat dibuktikan bahwa koperasi tersebut telah memiliki pengelolaan yang berkesinambungan seperti aspek K3 (Keamanan, Kesehatan dan keselamatan), lingkungan, legalitas, sosial dan lainnya. Setelah proses tersebut sudah terpenuhi, maka areal tersebut sudah dapat disertifikasi. Setelah diperoleh sertifikat RSPO, pemberian harga premium diperhitungkan secara akumulatif dan diberikan pada periode pembukuan tahun berikutnya.

“Tandan Buah Segar (TBS) yang dihasilkan oleh petani kemitraan dikirim ke Pabrik Kelapa Sawit milik SMM untuk diolah untuk menjadi produk Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel (PK). Produk tersebut nantinya akan dijual dan ditawarkan ke pasar dengan label CPO dan PK bersertifikasi RSPO. Ketika produk tersebut telah terjual maka CPO dan PK yang dijual berhak mendapatkan harga premium. Selain penjualan fisik, mekanisme mendapatkan harga premium melalui online trading melalui website yang telah ditetapkan RSPO, yaitu palmtrace. Harga premium tidak bisa ditetapkan secara baku dikarenakan hal ini dipengaruhi oleh pasar global.” papar Juli Wankara Purba, General Manager SMM.

Sampai dengan saat ini, SMM telah menaungi delapan kelembagaan smallholders yang terdiri atas tujuh koperasi dan satu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tercatat ada sejumlah 519 petani anggota koperasi kemitraan, dimana 110 petani di antaranya telah mendapatkan harga premium. Total areal kebun kemitraan yang dibina SMM adalah 859,67 Ha dengan luas 169,5 Ha yang sudah mendapatkan sertifikat RSPO, sedangkan seluas 430 Ha dalam proses pengusulan dan seluas 260,17 Ha sedang dalam persiapan.

Pembinaan kemitraan dengan petani yang dilakukan SMM bertujuan untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani. Penerapan praktik berkelanjutan yang dilakukan oleh para petani menjamin kualitas buah dan minyak kelapa sawit yang dihasilkan. Pencapaian sertifikasi RSPO diperoleh melalui pembinaan yang dilakukan SMM berkerjasama dengan tim Dinas Koperasi dan Dinas Perkebunan setempat diantaranya melalui pelatihan mengenai pengelolaan perkebunan terbaik yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, legalitas, ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja dan aspek sustainability lainnya.

Untuk Kebun Kemitraan yang bersertifikat dibawah naungan SMM terdapat tiga Koperasi, dua koperasi lainnya akan segera menyusul dan diperkirakan kan mendapatkan sertifikat RSPO pada awal tahun 2021. Selebihnya terdapat dua koperasi dan satu Bumdes masih dalam persiapan. “Untuk masa yang akan datang, komitmen kami bahwa seluruh smallholders yang menjadi binaan SMM ditargetkan untuk mendapatkan sertifikat RSPO. Dengan demikian, petani bisa mendapatkan harga premium sehingga, berpotensi untuk dapat lebih meningkatkan taraf hidup petani kelapa sawit.” papar Antoperis Tarigan, Sustainability and Compliance Manager ANJ.

Dalam sambutannya, Juli Wankara Purba juga mengatakan “Bagi para petani, manfaat yang didapatkan adalah penghasilan dari penjualan TBS ke SMM. Sebagian besar pemilik lahan juga pekerja di areal tersebut, sehingga, selain mendapatkan penghasilan dari pengelolaan areal,  mereka juga memperoleh peningkatan pemahaman atas pengelolaan perkebunan yang bertanggung jawab.  Areal yang dikelola sesuai dengan peraturan yang berlaku dan memenuhi aspek keberlanjutan. Bagi perusahaan, selain reputasi, kami juga mendapatkan manfaat langsung berupa pasokan TBS dari petani. Perusahaan dan masyarakat menjalin hubungan yang harmonis untuk kehidupan yang lebih baik.”

 

Other Articles

ANJ DUKUNG INDONESIA HIDUP LEBIH SEHAT DENGAN SAGU
04 Jan 2021

Jakarta, 30 Desember 2020 - Sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia bagian timur, terutama di Papua dan Maluku. Sagu bisa diolah dalam berbagai macam bentuk, mulai dari tepung, gula, bahkan beras sagu. Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia Timur, sagu memang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.

Grup ANJ Raih Berbagai Penghargaan Bisnis Berkelanjutan di Tahun 2020
18 Dec 2020

Jakarta, 18 Desember 2020 - Komitmen Grup ANJ dalam menjalankan prinsip pengembangan bertanggung jawab dan keberlanjutan berbuah pengakuan dengan diraihnya peringkat “Platinum” dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2020 dan diterimanya anugerah PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk periode 2019/2020 . PT Sahabat Mewah Makmur (SMM), salah satu anak perusahaan dari Grup ANJ, mencatat sejarah sebagai perkebunan kelapa sawit pertama yang menerima PROPER Emas.

ANJ MENYELENGGARAKAN “PUBLIC EXPOSE 2020”
23 Nov 2020

Jakarta – (23/11) PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menyelenggarakan Public Expose 2020 dengan pemaparan terkait kinerja kuartal ketiga 2020. ANJ merupakan perseroan terbatas yang berbasis di Indonesia, bergerak dalam produksi dan penjualan minyak sawit mentah (CPO), minyak inti sawit mentah (CPKO) dan inti sawit (PK). ANJ memiliki dan mengoperasikan enam perkebunan kelapa sawit yang telah berproduksi dan terintegrasi dengan lima pabrik CPO.