speaker

Investor Relations

SMM PERKUAT SINERGI DENGAN PEMDA UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA

31 Aug 2022

 

Belitung, 31 Agustus 2022 – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) baru-baru ini (23/8) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Dendang untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta patroli pemantuan titik panas dan lokasi rawan kebakaran yang berada di sekitar area Kecamatan Dendang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pemerintahan Kecamatan Dendang, Polsek Dendang, Kepala Desa yang berada di Kecamatan Dendang, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Dendang.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya sosialisasi dan penyadartahuan kepada warga serta mengajak warga setempat untuk mengamankan lingkungannya masing-masing, terlebih bagi para warga yang berada di wilayah yang berpotensi bencana karhutla.

Dalam sambutannya, General Manager SMM, Ridwan Damanik, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk memperkuat sinergi para pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan karhutla sejak dini. Salah satu cara membangun sinergi adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh pihak untuk turut aktif dalam menjaga dan mengelola areal pertanian, serta lahan sekitarnya dari ancaman karhutla secara bersama-sama. “Pencegahan karhutla merupakan tanggung jawab bersama dan harus kila laksanakan secara bersama-sama,” tambah Ridwan.

Dalam mencegah karhutla, SMM telah memasang papan amaran tentang karhutla di tempat umum atau titik strategis yang sering dilalui masyarakat. Perusahaan juga meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan karhutla dalam mengantisipasi karhutla. Selain itu, juga dilakukan deteksi dini dan pemantauan intensif terhadap titik dalam area konsesi yang berpotensi atau rawan karhutla baik melalui patroli lapangan maupun melalui sistem pemantauan lain seperti menara pemantau, drone dan lainnya.

Shoufian, Camat Dendang, turut menyampaikan bahwa Kecamatan Dendang telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan karhutla di Kecamatan Dendang, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Karhutla dan larangan membuka lahan dengan sistem bakar. Kecamatan Dendang akan terus berkoordinasi dengan semua pihak dan elemen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya karhutla.

Langkah sinergi pencegahan Karhutla perlu diupayakan untuk mengantisipasi potensi kerawanan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Dendang, diharapkan kerusakan lingkungan yang timbul akibat Karhutla dapat dikendalikan, sehingga lingkungan dapat terus terjaga dengan baik.

 

 

Other Articles

ANJ RAIH PENGHARGAAN INOVASI LINGKUNGAN DAN SOSIAL
12 Sep 2022

Jakarta – Berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali mencatat prestasi melalui empat anak perusahaan PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dengan berhasil meraih 21 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) yang diberikan oleh Sucofindo pada 9 September 2022 yang lalu.

ANJ WON THE ANUGERAH INOVASI INDONESIA AWARD
26 Aug 2022

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) ) recorded another achievement at the IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022 held last night, August 25th, 2022. ANJ successfully won the main award for the internal process category for the innovation "Responsible Development Program" along with the award in the "Green Economy" category for the innovation "Tanam Sapu Tangan Jarwo"

ANJ SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR SORONG
26 Aug 2022

Sorong Selatan – Mengikuti terjadinya banjir dan longsor yang melanda di wilayah Kota dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat baru-baru ini, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) turut serta menyalurkan bantuan sembako untuk korban melalui kantor regional ANJ yang berlokasi di Sorong Selatan pada Rabu (24/8).