speaker

Investor Relations

SMM RAYAKAN PANEN EDAMAME HASIL PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI TUAH BERKARYA BELITUNG TIMUR

12 Aug 2022

 

Belitung, 12 Agustus 2022 – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) baru-baru ini merayakan panen edamame di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur. Panen edamame yang diadakan pada hari Senin (8/8) di kebun milik Kelompok Tani Tuah Berkarya  tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat GERBANG EMAS atau Gerakan Mengembangkan Edamame untuk Masyarakat yang dilaksanakan oleh SMM sejak akhir tahun 2020. Panen tersebut diikuti oleh anggota Kelompok Tani Tuah Berkarya, perwakilan staf, dan perwakilan manajemen SMM di lahan seluas 0,1 ha.

Menurut M. Amin Pohan, Project Manager Program GERBANG EMAS, Kelompok Tani Tuah Berkarya merupakan kelompok baru yang berhasil dibentuk dan dibina oleh SMM dengan latar belakang anggota yang didominasi oleh masyarakat rentan secara sosial ekonomi. Sebelumnya, SMM telah berhasil membina empat kelompok tani dalam mengembangkan budidaya edamame di Kecamatan Dendang, Belitung Timur.

“Kegiatan panen ini merupakan panen pertama Kelompok Tani Tuah Berkarya hasil dari pembinaan dari tim SMM. Kami berharap agar kelompok tersebut terus berkembang seperti kelompok-kelompok tani binaan kami lainnya, sehingga tujuan program GERBANG EMAS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” tambah M. Amin Pohan.

   

Selain mengenalkan dan mengajarkan budidaya komoditas baru edamame, melalui Program GERBANG EMAS SMM juga mendorong kelompok tani binaannya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan tujuan mengurangi konsumsi pupuk dan pestisida kimia, SMM memberikan pelatihan untuk penggunaan pupuk organik dan pengendalian hama secara alami.  Salah satu upaya pelatihan yang diberikan SMM kepada kelompok tani binaanya adalah dengan mengajarkan pembuatan pupuk organik dengan komposting dan pembuatan eco-enzyme. Sementara untuk pengendalian hama alami, SMM juga mengajarkan pembuatan asap cair, refugia, dan light trap solar cell.

Pada kesempatan yang sama, Dendi, Ketua Kelompok Tani Tuah Berkarya, menyebutkan bahwa hasil panen perdana kelompok tani yang dipimpinnya tersebut tergolong baik, yakni mencapai sekitar 170 kg. Dendi juga menambahkan bahwa edamame segar hasil panen tersebut sudah banyak yang langsung terserap oleh konsumen.

“Bahkan, konsumen cenderung berebut untuk mendapatkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri dan motivasi bagi anggota kelompok untuk terus mengembangkan budidaya edamame,” ujar Dendi.

Sebelum berhasil melalukan pembinaan untuk penanaman edamame, SMM telah sukses memulai program ketahanan pangan melalui kebun sayur dan budi daya ikan lele di Belitung Timur. Selanjutnya, sebagai bagian dari Program Pengembangan Masyarakat, SMM memperluas program tersebut ke pertumbuhan edamame dan padi.

Juli Wankara Purba, Resident Director SMM, menjelaskan bahwa edamame merupakan tanaman baru bagi masyarakat Belitung Timur, tetapi mereka dengan cepat berhasil membudidayakan tanaman komersial bergizi ini.

“SMM sebagai bagian dari Grup ANJ berkomitmen untuk memberikan peluang yang setara kepada seluruh anggota masyarakat setempat di sekitar area operasi kami dengan tujuan mencapai kemakmuran bersama. Melalui Program Pengembangan Masyarakat, kami telah mengembangkan inisiatif untuk menciptakan peluang ekonomi masyarakat sekitar wilayah tempat kami beroperasi. Salah satu contohnya adalah program Ketahanan Pangan melalui penanaman edamame,” pungkas Juli.

 

Other Articles

ANJ RAIH PENGHARGAAN INOVASI LINGKUNGAN DAN SOSIAL
12 Sep 2022

Jakarta – Berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali mencatat prestasi melalui empat anak perusahaan PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dengan berhasil meraih 21 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) yang diberikan oleh Sucofindo pada 9 September 2022 yang lalu.

SMM PERKUAT SINERGI DENGAN PEMDA UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA
31 Aug 2022

Belitung – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) baru-baru ini (23/8) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Dendang untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta patroli pemantuan titik panas dan lokasi rawan kebakaran yang berada di sekitar area Kecamatan Dendang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pemerintahan Kecamatan Dendang, Polsek Dendang, Kepala Desa yang berada di Kecamatan Dendang, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Dendang.

ANJ WON THE ANUGERAH INOVASI INDONESIA AWARD
26 Aug 2022

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) ) recorded another achievement at the IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022 held last night, August 25th, 2022. ANJ successfully won the main award for the internal process category for the innovation "Responsible Development Program" along with the award in the "Green Economy" category for the innovation "Tanam Sapu Tangan Jarwo"