Investor Relations

Wamen ESDM Arcandra Tahar Apresiasi Pengembangan PLTBG AANE

15 Dec 2017

 

Belitung Timur, 15 Desember 2017 - PT Austindo Aufwind New Energy atau AANE menerima kunjungan wakil menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar didampingi oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana, dan perwakilan PT PLN (Persero) wilayah Sumatera dan Bangka Belitung pada Jumat siang (15/12) di ANJ Learning Center, Belitung Timur. Kunjungan ini diterima langsung oleh Direktur Utama AANE Sucipto Maridjan beserta Head of Business Development ANJ Imam Wahyudi.

Dalam pertemuan ini, Imam memberikan penjelasan tentang rencana ANJ yang ingin mengembangkan sektor energi biogas yang dikelola oleh AANE.

“Saat ini pengembangannya sedikit terkendala tarif pembelian listrik oleh PLN diharga Rp 975. Harga ini masih terlalu rendah, bahkan tidak cukup menutup biaya operasional." papar Imam. Tapi Imam mengapresiasi langkah-langkah PLN yang masih mau membuka ruang untuk bernegosiasi.

Sementara itu Wamen ESDM Arcandra Tahar mengatakan saat ini sektor energi baru terbarukan banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan pengembang.

"Tahun lalu jumlah pengembang hanya sekitar 16, tahun ini sudah 68 yang menandatangani Power Purchase Agreement, itu artinya lebih dari empat kali lipat dari tahun lalu." kata Arcandra.

Ia menambahkan, PLTBG membantu industri kelapa sawit di Indonesia yang merupakan produsen terbesar di dunia, mereduksi emisi gas rumah kaca dan mengurangi polusi bagi lingkungan.

Pemanfaatan limbah cair kelapa sawit atau POME menjadi energi listrik, tentunya sejalan dengan prinsip pengembangan bertanggung jawab ANJ yang menerapkan zero waste (tanpa limbah) dalam kegiatan operasional kelapa sawitnya.

Dalam kesempatan itu, Arcandra juga mengagumi fasilitas yang ada di ANJ Learning Center.

"Saya surprise melihat learning center ini, begitu bagus, bisa dicontoh perusahaan lain. Tempatnya sangat memadai untuk vocational training membantu program Presiden Jokowi yang ingin memperbanyak vocational school dan training." kata Arcandra.

Setelah acara sambutan dan diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke site biogas AANE untuk melihat langsung pengembangan PLTBG. Rombongan juga singgah melihat Pabrik Kelapa Sawit PT Sahabat Mewah Makmur yang tidak jauh dari lokasi.

 

Other Articles

Kemajuan Pesat Konstruksi Pabrik Kelapa Sawit ANJ di Papua Barat
06 May 2019

Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di PMP, sebagai satu dari tiga proyek infrastruktur penting dari investasi Grup ANJ di Papua Barat, telah mengalami kemajuan yang pesat dan akan menjalankan fase uji coba (commissioning) di bulan Mei ini.

Pemerintah Perlu Prioritaskan Sagu sebagai Komoditas Strategis: MASSI
25 Jan 2019

Pemerintah perlu memprioritaskan sagu sebagai komoditas pangan utama dan strategis melalui intensifikasi penelitian, perbaikan birokrasi lembaga negara dan pengurangan pungutan pajak komoditi sagu untuk membantu investor di industri ini.

SMM Raih PROPER Hijau dari KLHK
07 Jan 2019

PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), perusahaan kelapa sawit yang bernaung di bawah Grup PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) berkategori Hijau di 2018 sebagai pengakuan terhadap pemenuhan pengelolaan lingkungan berkelanjutan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan.