speaker

Investor Relations

ANJ EKSPOR EDAMAME PREMIUM KE INDIA

04 Sep 2023

 

Jakarta, 4 September 2023 – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), perusahaan pangan berbasis agribisnis, meraih capaian baru dalam ekspor edamame di kuartal kedua 2023, setelah mengekspor Edashi  dan mukimami (edamame kupas) ke India di bulan Mei dan Juli 2023. Edashi adalah brand edamame produksi PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak usaha ANJ yang berlokasi di Jember, Jawa Timur.


Dengan lokasi pabrik seluas 1,7 Ha yang telah dilengkapi dengan fasilitas modern, GMIT memproduksi edamame berkualitas tinggi dan memiliki kapasitas produksi terpasang 8.000 ton per tahun produk sayuran beku dengan kapasitas proses Individual Quick Freezing sebesar 3 ton/jam.
Produk edamame yang dihasilkan oleh GMIT telah menjalani proses kontrol kualitas yang sangat ketat, sesuai dengan standar internasional dan nasional. Berbagai sertifikasi bergengsi seperti BRC, ISO 22000, Kosher, FDA, BPOM, dan sertifikasi Halal MUI telah dimiliki GMIT, yang merefleksikan jaminan keamanan dan kualitas produk yang dihasilkan.


GMIT berkomitmen untuk mengembangkan industri edamame di Indonesia dan memperluas pasar ekspornya. India merupakan pasar yang potensial untuk produk edamame Indonesia dengan meningkatnya permintaan konsumen India akan produk-produk makanan sehat.


"Kami bangga dapat kembali mengekspor edamame ke India. Langkah besar ini bukanlah yang pertama kali bagi GMIT. Pada Maret 2021, kami memulai ekspor edamame beku ke Jepang, membuktikan kualitas produk kami mampu memenuhi persyaratan ketat pasar internasional. Kami yakin bahwa produk edamame Indonesia memiliki potensi tinggi untuk menembus pasar global," ujar Imam Wahyudi, Direktur Utama GMIT. Lebih lanjut Imam menambahkan bahwa volume penjualan edamame beku merk Edashi selama tujuh bulan pada 2023 telah tumbuh  7 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada 2022.


Imam juga menjelaskan bahwa dengan capaian ini, ANJ membuktikan komitmen perusahaan untuk memproduksi pangan berkualitas tinggi yang tidak hanya memenuhi standar internasional, tetapi juga memberdayakan petani lokal melalui kolaborasi yang berkelanjutan. Dalam kegiatan operasionalnya, GMIT menggunakan model kolaborasi, memberikan pelatihan agronomi, serta pendampingan di lapangan kepada petani setempat di Jember, Jawa Timur untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil dan kualitas edamame.

  


"Kami berharap bahwa capaian ini akan menjadi awal dari langkah-langkah lebih lanjut dalam meningkatkan ekspor edamame berkualitas tinggi, serta berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional. Ke depan kami akan melakukan penetrasi pasar ke negara-negara di Eropa dan kawasan Timur Tengah. Selain itu, pasar Asia juga masih menjadi sasaran utama.  Selain Jepang, kami akan melakukan perluasan ke Singapura dan Malaysia," tutup Imam.

 

Other Articles

KAL DUKUNG PETANI SAWIT DI KETAPANG DENGAN MEMBERIKAN PREMI MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN
16 May 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), memberikan penghargaan kepada petani mitra di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, atas komitmen mereka dalam menerapkan praktik budidaya sawit berkelanjutan. Penghargaan diberikan dalam bentuk premi minyak sawit berkelanjutan yang diserahkan kepada Koperasi Laman Mayang Sentosa (LMS) pada Senin, 13 Mei 2024 di kantor Koperasi LMS.

GMIT TERIMA KUNJUNGAN DEWAN KETAHANAN NASIONAL (WANTANNAS) BAHAS PROGRAM KETAHANAN PANGAN MELALUI EDAMAME
06 May 2024

Jember – PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, baru-baru ini mendapat kehormatan menerima kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) pada Sabtu (27/4). Kunjungan ini diwakili oleh Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar, S.E. selaku Deputi Bidang Sistem Nasional Wantannas, beserta dengan jajaran Wantannas lainnya.

GMIT DUKUNG PENCEGAHAN STUNTING DI KECAMATAN AJUNG, JEMBER MELALUI PROGRAM KAMPUNG EDAMAME
02 May 2024

Jember – PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur pada akhir April yang lalu berkolaborasi dengan Puskesmas Ajung menggelar acara Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Kegiatan PMT tersebut dilakukan pada Kamis (25/4) di Posyandu Jambu 28 Dusun Durenan, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Jember.