speaker

Investor Relations

KAL CEGAH KARHUTLA MELALUI KOLABORASI MULTIPIHAK

21 Sep 2023

 

Ketapang, 21 September 2023 - Fenomena El Nino menyebabkan kekeringan dan peningkatan suhu di berbagai wilayah di Indonesia. Mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem ini, PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), melakukan berbagai kegiatan preventif dan kolaboratif yang melibatkan para pemangku kepentingan. Salah satu langkah yang diambil adalah melaksanakan apel siaga bersama dengan semua pihak terkait, serta melakukan patroli rutin bersama dengan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di desa-desa sekitar perusahaan. Upaya ini mencerminkan komitmen KAL dalam melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam usaha pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Protokol pencegahan, penanggulangan dan manajemen kebakaran diterapkan dengan sangat ketat di KAL. Termasuk di dalamnya, memastikan kesiapan tim pemadam kebakaran dan patroli terlatih, menara pengawas kebakaran, infrastruktur pengelolaan air, pemantauan jarak jauh menggunakan data satelit, rambu peringatan kebakaran, peralatan pemadam kebakaran, komunikasi internal dan eksternal, dan program sosialisasi selama musim kemarau,” jelas Dadi, General Manager KAL.

Dadi juga menekankan komitmen perusahaan dalam mengawasi dan mengelola pembukaan lahan secara aman, serta memberikan dukungan dengan pemberdayaan masyarakat lokal dalam upaya pencegahan karhutla. Semua tindakan ini didasari oleh semangat kolaborasi dengan semua pihak, yang selaras dengan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan dalam mencegah dan menanggulangi karhutla.

“Untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi terjadinya karhutla, kami telah memiliki program pencegahan kebakaran lahan berbasis desa dan masyarakat, dengan terbentuknya kelompok tani peduli api (KTPA) di tiga desa sekitar, yaitu Desa Kuala Tolak, Desa Kuala Satong, dan Desa Laman Satong yang secara aktif melibatkan masyarakat lokal dalam inisiatif pencegahan karhutla,” tambah Dadi.

   

Pada tanggal 6 September 2023 lalu, KAL juga turut berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan dampak kesehatan akibat karhutla di Kabupaten Ketapang dengan menyumbangkan 5.000 masker melalui Dinas Perkim dan LH Ketapang yang berkolaborasi dengan Satlantas Polres Ketapang.

“Seiring semangat kolaboratif dengan berbagai pihak, KAL berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan, mengurangi risiko karhutla, dan memberdayakan masyarakat lokal. Kami percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci dalam menjaga lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. KAL siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mengatasi tantangan lingkungan yang dihadapi di Ketapang,” tutup Dadi.

 

Other Articles

GMIT BERBAGI PRAKTIK BAIK AKSI SDGS PERUSAHAAN DI FORUM UNEJ STAKEHOLDER TALK
04 Dec 2023

Jakarta – PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur baru-baru ini mendukung acara Universitas Jember (UNEJ) Stakeholder Talk SGDs. Rahmad Hidayat Yusuf, Head of Business Support GMIT, mewakili perusahaan sebagai pembicara pada acara tersebut, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SDGs Festival 2023 yang diadakan oleh SDGs Center Universitas Jember bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) dan Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE), pada Selasa (28/11/2023) di auditorium UNEJ.

ANJ RAIH JUARA ANNUAL REPORT AWARD 2023 KATEGORI PERUSAHAAN GO PUBLIK NON KEUANGAN
29 Nov 2023

Jakarta – Komitmen PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) dalam keterbukaan informasi dan menjalankan praktik bisnis dengan pendekatan Good Corporate Governance (GCG) dan prinsip keberlanjutan, mendapat apresiasi. Kali ini, ANJ menerima penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023 pada kategori Perusahaan Go Publik Non Keuangan dengan predikat Juara 3 yang diselenggarakan pada Senin (27/11) di Main Hall, Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) dan Ketua Panitia Pelaksana ARA 2022, Sigit Pramono kepada Lucas Kurniawan, Direktur Utama ANJ.

PPM RAIH APRESIASI DARI BANK INDONESIA PERWAKILAN PAPUA BARAT
22 Nov 2023

Sorong – PT Permata Putera Mandiri (PPM), salah satu unit usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Sorong Selatan baru-baru ini meraih penghargaan dari kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat untuk kategori Responden Liaison Terkolaboratif Tahun 2023. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap kontribusi PPM dalam menyediakan data selama tahun 2023. Kepala BI, Rommy S Tamawiwy, secara langsung memberikan penghargaan ini kepada perwakilan PPM, Gritje Fonataba, dalam acara Temu Responden yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Sorong pada Jumat (17/10).