speaker

Investor Relations

ANJ PERTEGUH KOMITMEN UNTUK KURANGI DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP

06 Jun 2022

 

Jakarta, 6 Juni 2022 – Beberapa tahun belakangan ini perubahan iklim global semakin jelas terasa. Di mana pola hujan cenderung berubah-ubah dan tak dapat diprediksi sehingga sewaktu-waktu dapat terjadi banjir di suatu tempat namun kekeringan di tempat lainnya.

Sebagai perusahaan agribisnis, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menerapkan praktik kelapa sawit yang berkelanjutan serta berupaya untuk melindungi lingkungan hidup. Perlindungan lingkungan, konservasi, dan praktik pertanian terbaik sangat diperlukan untuk menghindari dan memitigasi dampak negatif, serta menghasilkan dampak positif untuk planet ini.

ANJ telah mengintegrasikan strategi bisnis dengan ESG (Environmental, Social, and Governance). Implementasi konsep ESG telah berjalan sejak lama di ANJ, hal ini sejalan dengan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan yang berlandaskan pada keseimbangan antara aspek-aspek triple bottom line. Di bidang lingkungan, ANJ telah menjalankan beberapa program perlindungan keanekaragaman hayati dan lingkungan, serta beberapa inisiatif untuk mengurangi dampak perubahan iklim di seluruh perkebunan.

Untuk memitigasi dampak perubahan iklim, sejak 2012 ANJ telah melakukan penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) dengan membangun proyek biogas.  Penurunan GRK per tahun sebesar 50.000 – 60.000 ton CO2 ekuivalen dan menghasilkan penjualan listrik (nett sell) dari PLTBg sebesar 9,4 juta kWh per tahun. Selanjutnya pada 2015, ANJ melakukan program composting melalui pemanfaatan limbah padat berupa janjang kosong untuk diolah menjadi pupuk organik.

Director of Engineering, Environment, Health, and Safety (EHS) and Security ANJ Group, Mohammad Fitriyansyah, menyebutkan, kebijakan pengurangan emisi dan efisiensi energi, yang merupakan komponen dari Kebijakan Keberlanjutan dan Kebijakan Lingkungan ANJ, difokuskan pada upaya untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan beralih ke pupuk organik, meningkatkan pemakaian energi terbarukan, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, dan penangkapan gas metana dari POME untuk dikonversi menjadi biogas. Electrostatic precipitator (ESP) di beberapa pabrik juga dipasang untuk mengontrol polusi udara dengan mengurangi partikulat yang dilepaskan ke udara.

Selain itu, Fitriyansyah menambahkan bahwa pupuk berkontribusi signifikan pada emisi. ANJ mengurangi pemakaian pupuk anorganik melalui inisiatif fertigasi dan pembuatan kompos yang sudah berjalan. “Kami akan terus mengurangi konsumsi ini dengan memperluas program pengomposan ke semua perkebunan kami dan meningkatkan inisiatif fertigasi dalam lima tahun ke depan. Penerapan fertigasi, metode menggunakan sistem irigasi untuk memberikan pupuk dalam jumlah yang tepat ke tanaman, jauh lebih efisien dan dapat mengurangi jumlah pupuk yang digunakan secara keseluruhan. Fertigasi juga lebih aman bagi lingkungan karena aplikasi pupuk anorganik yang berlebihan dapat mencemari tanah dan limpasan ke aliran air yang  menyebabkan eutrofikasi.” katanya.

Head of EHS ANJ Group, Indra Kurniawan, menambahkan bahwa untuk mencapai target mitigasi dampak perubahan iklim, ANJ menerapkan strategi berdasarkan lima aspek utama. Pertama, ANJ berkomitmen untuk mengurangi emisi operasional, diluar emisi dari perubahan penggunaan lahan.  Ini dilakukan dengan mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan beralih ke pupuk organik, meningkatkan bauran energi terbarukan salah satunya dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.  ANJ menerapkan inisiatif penangkapan gas metana untuk mengurangi emisi metana dari limbah cair pabrik kelapa sawit (POME).

Kedua, ANJ mengimplementasikan Solusi Berbasis Alam (Nature-based Solution) yang terdiri dari pemanfaatan potensi alam untuk mengurangi emisi GRK, beradaptasi dengan perubahan iklim, dan memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan. Ketiga, sebagian besar petani kelapa sawit memenuhi standar keberlanjutan yang tinggi. ANJ memberikan dukungan dan program pengembangan kapasitas untuk membantu mereka memenuhi persyaratan RSPO dan ISPO serta mendorong mereka untuk mendapatkan sertifikasi.

“Aspek keempat mengacu pada adaptasi dan mitigasi yang dirinci lebih lanjut di bagian selanjutnya tentang dampak perubahan iklim. Terakhir, ANJ mematuhi dan berpartisipasi aktif dalam inisiatif tata kelola dan pengungkapan terkait perubahan iklim” katanya.

Sebagai bagian dari Kebijakan Keberlanjutan dan Kebijakan Lingkungan, ANJ juga menerapkan Program 3R ANJ (Reduce, Reuse, Recycle) yang  saat ini dilaksanakan di empat wilayah operasi, yaitu PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), dan PT Kayung Agro Lestari (KAL) untuk mengurangi jumlah limbah dari kegiatan perusahaan. Inisiatif-inisiatif ini mencakup pengurangan penggunaan plastik seperti larangan pemakaian plastik di koperasi perusahaan, menghindari air minum kemasan plastik, penggunaan tumbler, mendorong penggunaan kemasan ramah lingkungan, dan kegiatan peningkatan awareness yang ditargetkan pada karyawan, pemasok, dan kontraktor.

Komitmen ANJ Lindungi Hutan beserta Flora dan Fauna

Dalam menerapkan praktik kelapa sawit yang berkelanjutan, ANJ berkomitmen untuk menyelaraskan pembangunan kebun dengan kelestarian lingkungan hidup, terutama di kawasan hutan yang memiliki stok karbon  tinggi (SKT) dan nilai konservasi tinggi (NKT).

Langkah ANJ dalam melindungi hutan beserta flora dan fauna di dalamnya adalah dengan melibatkan  masyarakat untuk menjaganya. Sampai tahun 2021, ANJ telah menyisihkan total area seluas 60.985,27 ha yang teridentifikasi mempunyai NKT untuk dijadikan sebagai area konservasi. Area konservasi tersebut dikelola secara kolaboratif dengan pemerintah lokal, lembaga swadaya masyarakat (NGO) dan masyarakat sekitar. Selain itu, ANJ juga membentuk tim konservasi secara nasional, yang ditempatkan di masing-masing wilayah operasional ANJ untuk mengelola area konservasi dan mengidentifikasi flora dan fauna.

Pada tahun 2019, ANJ memperkenalkan program pengamatan flora dan fauna liar yang berada di dalam konsesi ANJ, melalui pendekatan Citizen Science yang disebut PENDAKI
(Peduli Keanekaragaman Hayati) untuk melakukan dokumentasi dan pemantauan keanekaragaman hayati di seluruh wilayah perusahaan.

Program PENDAKI juga dapat dijadikan sebagai indikator kesadaran atas pentingnya nilai keanekaragaman hayati oleh karyawan dan masyarakat sekitar. Hingga 2021, telah terkumpul lebih dari 50.000 laporan pengamatan flora dan fauna liar dari seluruh Citizen Science yang merupakan karyawan ANJ, tamu yang datang ke ANJ dan masyarakat sekitar.   

Pada tahun 2021, ANJ meluncurkan situs PENDAKI (https://pendaki.anj-group.co.id/) yang dapat diakses masyarakat dan menerbitkan ensiklopedia satwa liar di SMM. Dengan inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat umum, mitra perusahaan, dan masyarakat sekitar tentang perlindungan dan pemantauan keanekaragaman.

Upaya ANJ dalam mengintegrasikan strategi bisnis dengan aspek ESG telah mengantar ANJ mendapatkan dua penghargaan pada “Penghargaan Emisi Korporasi 2021” yang diselenggarakan salah satu media di Indonesia, Majalah Investor dan Bumi Global Karbon pada akhir April yang lalu. Pada kelompok emiten non-perbankan, ANJ mendapat predikat Green Elite untuk penurunan emisi korporasi dan predikat Platinum Plus terkait transparansi perhitungan emisi.

Selain itu, pencapaian ANJ lainnya dalam bidang lingkungan adalah pada akhir 2021, dua anak perusahaan ANJ, SMM dan ANJA, berhasil meraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebelum ANJ, belum pernah ada perusahaan kelapa sawit yang mendapatkan PROPER Emas, suatu penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan melebihi dari yang dipersyaratkan (beyond compliance).

 

Other Articles

ANJ RAIH ANUGERAH GOLD CHAMPION BISRA 2022
29 Jun 2022

Jakarta – ANJ meraih penghargaan "Golden Champion in Corporate Social Responsibility Program" untuk kategori kelompok perusahaan Swasta Nasional Tbk. pada ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA). Ajang penghargaan ini diberikan kepada sejumlah perusahaan yang dinilai sangat baik dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan hasil penilaian komprehensif sesuai dengan kaidah-kaidah penyelenggaraan program CSR, serta perusahaan yang mengarahkan kinerja dan operasionalnya pada prinsip-prinsip yang mengutamakan Environmental, Social, dan Government (ESG).

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI SORONG SELATAN SOSIALISASI DI GRUP ANJ
29 Jun 2022

Sorong Selatan - UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Sorong-Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Papua Barat bersama Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan mengunjungi dua unit perkebunan kelapa sawit dan pabrik sagu milik PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang berlokasi di Distrik Kais pada 21 – 24 Juni lalu, serta melakukan sosialisasi terkait regulasi sebagai kewajiban dalam mematuhi dan melaksanakan UU No.13 tahun 2002 dan Permenaker No.14 tahun 2015. Kunjungan tersebut dilakukan sekaligus berdialog dengan para kontraktor dan juga para pekerja.

ANJ MERAYAKAN KELULUSAN 18 MURID PROGRAM PAUD DI DISTRIK KAIS
20 Jun 2022

Sorong Selatan – Melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) bersama mitranya Alirena merayakan kelulusan 18 murid PAUD yang berasal dari PAUD Lahai Roy di kampung Benawa 1 dan dari PAUD Sion di kampung Sumano, Distrik Kais, Sorong Selatan pada Selasa (14/6) dan Rabu (15/6). Acara ini merupakan perayaan kelulusan siswa PAUD tahun pembelajaran 2021/2022 yang dibina oleh Alirena sejak Juni 2021.