speaker

Investor Relations

GAPKI KUNJUNGI KAL UNTUK STUDI BANDING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA RAWAN KEBAKARAN

28 Feb 2024

 

Ketapang, 28 Februari 2024 – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat baru-baru ini menerima kunjungan dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dalam kegiatan studi banding program kemandirian masyarakat yang tinggal di daerah rawan kebakaran di Desa Kuala Tolak dan Kuala Satong Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang pada (21/2).

Dalam kunjungannya GAPKI Pusat diwakili oleh Bambang Dwi Laksono, Ketua Bidang Sustainability, Purwati Munawir Ketua GAPKI cabang Kalimantan Barat, Suto Suwahyo perwakilan GAPKI cabang Kalimantan Tengah, Putu Ghryate Aksa Yonata perwakilan GAPKI cabang Riau, serta beberapa perwakilan perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya.

Kegiatan studi banding dimulai dengan presentasi oleh Dadi Supriadi, General Manager KAL, yang memaparkan berbagai kegiatan pencegahan Karhutla yang dilakukan oleh KAL, meliputi sistem pencegahan kebakaran, infrastruktur Integrated Fire Management (IMF), peralatan, personil dan pelatihan.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat sistem pemantauan kebakaran dengan menggunakan teknologi satelit melalui sistem Information and Technology (IT), serta sarana dan prasarana yang ada di Posko Damkar KAL. Rombongan juga berkesempatan untuk meninjau dan mendengarkan penjelasan dari tim di lapangan terkait sistem kanal dan waduk di areal kebun sawit yang menjadi infrastruktur pencegahan dan pemadaman kebakaran di wilayah operasional KAL.

Selanjutnya rombongan berkunjung ke Desa Kuala Tolak dan Desa Kuala Satong. Di Desa Kuala Tolak, rombongan bertemu dengan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) yang aktif dalam pencegahan dan penanganan karhutla.

Jaslian, perwakilan KTPA Desa Kuala Tolak menyampaikan apresiasi kepada KAL atas dukungan yang telah diberikan dalam bentuk pendampingan kelompok, pelatihan, dalam pencegahan Karhutla dan kegiatan ekonomi produktif, seperti budidaya nanas. Program ini telah membantu KTPA memitigasi karhutla dan mencapai peningkatan ekonomi masyarakat melalui penjualan produk olahan nanas, seperti sirup dan dodol nanas.

Leo Chandra, Sekretaris Desa Kuala Tolak yang hadir mewakili Kepala Desa Kuala Tolak turut mengapresiasi KAL yang mendukung KTPA baik dalam hal pengadaan sarpas, pelatihan penanganan karhutla hingga kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan areal yang rawan terbakar di Desa Kuala Tolak. Leo berharap kolaborasi tersebut dapat terus ditingkatkan, khususnya dalam hal penanganan Karhutla di wilayah Desa Kuala Tolak.

Dalam pertemuan dengan Kelompok Tani Jeruk Satong Makmur di Dusun Sempurna, Desa Kuala Satong, Abdul Hajar, mewakili Kepala Desa Kuala Satong, mengapresiasi KAL atas pembinaan dan pendampingan terhadap Kelompok Tani Jeruk di Desa Kuala Satong, yang dilakukan bersama Tropenbos Indonesia.  Turut hadir pada kunjungan tersebut perwakilan Tropenbos Indonesia dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Matan Hilir Utara sebagai pendamping kelompok dalam teknis budidaya.

Bambang Dwi Laksono menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota GAPKI tentang upaya yang dilakukan perusahaan dan masyarakat sekitar dalam memitigasi dan menangani Karhutla. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen KAL yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan ini.

Sementara itu, Dadi, General Manager KAL, menegaskan komitmen KAL dalam pencegahan Karhutla, baik di areal perkebunan inti dan mitra, melalui berbagai upaya seperti pembangunan infrastruktur, perlengkapan pemadam kebakaran, dan pendampingan KTPA. Beliau juga mendorong KTPA dan kelompok tani lainnya untuk memanfaatkan areal rawan terbakar dengan program peningkatan ekonomi, seperti budidaya nanas dan jeruk.

 

Other Articles

SMM SAMBUT PESERTA LASKAR REMPAH MENJELAJAHI HUTAN MAKAM BALOK, BELTIM
14 Jun 2024

Belitung Timur – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di Belitung, kedatangan para peserta Laskar Rempah Batch I Lada Putih pada 11 Juni yang lalu. Kunjungan ini merupakan bagian dari program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

KAL TERIMA SERTIFIKAT PROPER HIJAU DARI GUBERNUR KALIMANTAN BARAT
13 Jun 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat baru-baru ini menerima sertifikat PROPER Hijau tahun 2022/2023. Sertifikat tersebut diberikan oleh Harry Ronaldi Mahaputrawan, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalimantan Barat perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat kepada Supriatin sebagai perwakilan dari KAL di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada 6 Juni yang lalu.

GRUP ANJ DI SORONG SELATAN BERKOMITMEN LINDUNGI PEKERJA PEREMPUAN DAN ANAK DALAM MENJALANKAN KEGIATAN OPERASIONALNYA
12 Jun 2024

Jayapura – PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya berkomitmen melindungi pekerja perempuan dan anak. Hal ini diungkapkan dalam Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Papua dengan tajuk “Promosi Sawit Indonesia Ramah Anak di Papua”, yang dilaksanakan di Jayapura pada 5-6 Juni 2024 yang lalu.