speaker

Investor Relations

GMIT BERBAGI PRAKTIK BAIK AKSI SDGS PERUSAHAAN DI FORUM UNEJ STAKEHOLDER TALK

04 Dec 2023

 

Jakarta, 4 Desember 2023 – PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur baru-baru ini mendukung acara Universitas Jember (UNEJ) Stakeholder Talk SGDs. Rahmad Hidayat Yusuf, Head of Business Support GMIT, mewakili perusahaan sebagai pembicara pada acara tersebut, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SDGs Festival 2023 yang diadakan oleh SDGs Center Universitas Jember bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) dan Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE), pada Selasa (28/11/2023) di auditorium UNEJ.

Pada saat acara, Rahmad Hidayat Yusuf menyampaikan bahwa Grup ANJ berkomitmen untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, yang sejalan dengan visi perusahaan sebagai perusahaan pangan berbasis agribisnis kelas dunia yang meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan. Komitmen ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh PBB. Rahmad Hidayat Yusuf menjelaskan beberapa program yang telah diterapkan perusahaan untuk mewujudkan komitmen tersebut.

"GMIT telah mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan komitmennya terhadap lingkungan. Salah satu langkahnya adalah memasang panel surya di atap gedung yang dapat menghemat biaya listrik hingga 16%. Langkah lain yang diambil adalah menggunakan mulsa jerami sebagai alternatif mulsa plastik untuk mengurangi emisi karbon. GMIT juga mengembangkan program Farmer Development Program untuk memberdayakan petani milenial yang sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Rahmad Hidayat Yusuf.

Selain itu, GMIT juga telah memberdayakan masyarakat sekitar pabrik untuk mengolah edamame afkir menjadi produk inovatif melalui program Kampung Edamame (KE). Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi limbah edamame. KE telah menciptakan beberapa produk inovatif, seperti Pia Edamame, Peyek Edamame, dan ENAK’E. Baru-baru ini KE memberi gebrakan baru dengan mengolah Okra menjadi OKRA Crispy. Tidak hanya melayani permintaan dalam negeri, produk KE telah merambah ke luar negeri, seperti Australia, Canada, Amsterdam dan Berlin.

Dua program GMIT yang menjadi andalan, yaitu KE dan Mulsa Jerami, berhasil meraih pengakuan. KE mendapatkan predikat "Good" pada kategori Corporate Social Marketing dalam ajang Indonesia Best Corporate Sustainability Initiative 2023 yang diselenggarakan oleh Mix Marketing Magazine. Sedangkan, Mulsa Jerami mendapatkan Piagam Apresiasi untuk Kategori Sustainability pada ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh IDX Channel.

Stakeholder Talks SDGs adalah acara yang memaparkan aksi SDGs yang disampaikan oleh pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, dan pelaku industri (pihak swasta) di sekitar UNEJ. Selain perwakilan pembicara dari GMIT, dihadiri juga beberapa narasumber lainnya, yaitu Adi Wibowo, S.TP., M.Si. selaku Wakil Walikota Kotamadya Pasuruan, M. Rondhi, S.P., M.P., Ph.D selaku Sekretaris I LP2M Universitas Jember, dan Arif selaku Penggagas Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI).

“Seluruh kegiatan yang dilakukan, adalah ejawantah dari visi misi perusaahan terutama dalam hal meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan alam. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana GMIT dan Grup ANJ terus berinovasi, bertransformasi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai kesuksesan bersama. Keberhasilan perusahaan tidak hanya dilihat dari kinerja finansial, tetapi juga dari dampak positifnya terhadap lingkungan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya,” tutup Rahmad Hidayat Yusuf.

 

Other Articles

ANJ TUTUP TAHUN 2023 DENGAN KENAIKAN PRODUKSI TBS 4,8% YOY
29 Feb 2024

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (“ANJ”; IDX: ANJT) mengumumkan kinerja operasional dan keuangannya untuk tahun buku 2023. Berdasarkan laporan tersebut, ANJ berhasil mencapai kinerja produksi yang positif dengan peningkatan produksi Tandan Buah Segar (TBS) sebesar 4,8% menjadi 881.051 mt dibandingkan tahun lalu, yaitu sebesar 840.581 mt.

GAPKI KUNJUNGI KAL UNTUK STUDI BANDING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA RAWAN KEBAKARAN
28 Feb 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat baru-baru ini menerima kunjungan dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dalam kegiatan studi banding program kemandirian masyarakat yang tinggal di daerah rawan kebakaran di Desa Kuala Tolak dan Kuala Satong Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang pada (21/2).

KAL RAIH PENGHARGAAN SISTEM MANAJEMEN K3 (SMK3) DARI PEMPROV KALBAR
22 Feb 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menerima penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalbar. Penghargaan diserahkan pada acara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 oleh Mohammad Bari kepada Hamdan Saragih selaku perwakilan KAL di Hotel Golden Tulip Pontianak pada hari Senin, 12 Februari 2024.