speaker

Investor Relations

KAL DAMPINGI KELOMPOK TANI DESA LAMAN SATONG PANEN PERDANA EDAMAME

18 Mar 2024

 

Ketapang, 16 Maret 2024 – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Ketapang, Kalimantan Barat melalui program pendampingan petani berhasil membudidayakan tanaman edamame di Desa Laman Satong.

Program pendampingan petani meliputi pembentukan kelompok, administrasi, dan penguatan organisasi. Tim KAL mendampingi lima orang anggota Kelompok Tani Edamame Desa Laman Satong untuk membudidaya edamame di lahan seluas 225 m2. Proses budidaya dimulai dengan pembukaan dan pengolahan lahan pada bulan September 2023, kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit edamame sebanyak 2.5 Kg. Panen perdana edamame dilakukan setelah 78 hari setelah tanam (HST), yaitu pada tanggal 26 Februari 2024.

Acara panen perdana dihadiri pemerintah Desa Laman Satong, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Matan Hilir Utara, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Matan Hilir Utara dan tim KAL.

Meri Salvinus, Kepala Desa Laman Satong, menyampaikan apresiasinya terhadap program pendampingan petani untuk budidaya edamame yang dilakukan oleh KAL dan berharap program ini berlanjut dan semakin baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik program pendampingan kepada kelompok tani edamame KAL. Budidaya ini merupakan inovasi yang mewujudkan nilai ekonomis serta bermanfaat. Semoga ke depannya pendampingan kepada kelompok semakin lebih baik lagi, sehingga memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat,” ujar Meri.

Dadi, General Manager KAL, menyerahkan alat panen kepada ketua Kelompok Tani Edamame pada saat penutupan acara. Pemberian alat panen disimbolisasikan sebagai dukungan KAL terhadap pengembangan pertanian, serta diharapkan ke depannya hasil panen dapat ditingkatkan.

“Hasil panen perdana Kelompok Tani Edamame Desa Laman Satong mencapai 185 kg edamame yang siap dipasarkan. Hasil panen ini diharapkan dapat meningkatkan semangat anggota kelompok dalam budidaya edamame dan meningkatkan produktivitas kebun. Kami akan terus mendampingi kelompok petani di sekitar wilayah operasi perusahaan. Selain itu, ke depannya diharapkan juga kegiatan budidaya ini dapat menyediakan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” jelas Dadi.

Berlokasi di Kabupaten Ketapang, KAL merupakan perkebunan kelapa sawit yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Dengan luas perkebunan kelapa sawit 9.583 hektar, KAL berkomitmen untuk melakukan  pengelolaan perkebunan secara berkelanjutan salah satunya diwujudkan dengan mengedepankan keseimbangan lingkungan di area operasinya. Hal ini sejalan dengan prinsip Responsible Development atau Pengembangan Bertanggung Jawab yang diterapkan di seluruh kelompok usaha ANJ, yaitu prinsip yang memperhatikan keseimbangan antara People, Planet dan Prosperity.

 

Other Articles

KAL GELAR SAFARI RAMADAN DAN BUKA BERSAMA DI MATAN HILIR UTARA
03 Apr 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, mengadakan kegiatan Safari Ramadan di Kecamatan Matan Hilir Utara. Kegiatan tersebut meliputi buka bersama dengan masyarakat dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), serta penyaluran donasi pada Rabu (27/03).

SMM DUKUNG PETANI SAWIT BELITUNG TIMUR DENGAN PENYERAHAN PREMI MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN
28 Mar 2024

Belitung Timur – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), kembali memberikan penghargaan kepada para petani mitranya melalui lima koperasi. Penghargaan ini berupa premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan dengan total senilai Rp 442.283.998. Penyerahan premi ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center pada 27 Maret 2024.

WAKIL BUPATI KETAPANG BERIKAN PIAGAM APRESIASI KEPADA KAL ATAS UPAYA PENURUNAN STUNTING DI KAB. KETAPANG
25 Mar 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, menerima piagam apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Ketapang atas kontribusinya dalam program penurunan stunting di daerah tersebut. Penghargaan ini diberikan oleh H. Farhan, SE., M.Si, Wakil Bupati Ketapang dalam acara Rembuk Stunting yang diselenggarakan oleh Bappeda Ketapang pada pada Kamis (21/03) berlokasi di sebuah hotel di Ketapang.