speaker

Investor Relations

KAL LAKSANAKAN APEL GABUNGAN KESIAPAN PENANGGULANGAN KARHUTLA

22 Feb 2023

 

Ketapang, 22 Februari 2023 – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat menggelar apel gabungan kesiapan Dalkarhutla (Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang, TNI/POLRI, Pemerintah Kecamatan Matan Hilir Utara, Pemerintah Desa hingga tokoh-tokoh adat desa pada Kamis, 16 Februari 2023 yang berlokasi di lapangan apel KAL, Desa Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Kegiatan apel gabungan kesiapan dalkarhutla dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si yang mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang. Apel bagungan Dalkarhutla turut dihadiri oleh Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa, serta Kapolres Ketapang Polda Kalbar, AKBP Laba Meliala. Kegiatan tersebut dibuka dengan kegiatan inspeksi kesiapsiagaan peralatan pemadam kebakaran mulai dari peralatan tim Damkar KAL, KTPA, Kodim dan Manggala Agni.

Alexander Wilyo, S.STP, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi kesiapsiagaan KAL dalam dalkarhutla. KAL merupakan pelopor pertama dalam kepedulian penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan kesiapan  perlengkapan yang sangat luar biasa mulai dari peralatan pemadam kebakaran hingga  tim yang selalu siap siaga. Alexander Wilyo, S.STP,M.Si juga mengapresiasi kesiapan KTPA (Kelompok Tani Peduli Api) binaan KAL.

“Apel gabungan kesiapan dalkarhutla ini merupakan langkah awal untuk mencegah kebakaran di wilayah Ketapang, khususnya dalam mengantisipasi fenomena El Nino yang diperkirakan bakal menghampiri pada musim kemarau tahun ini. Hal ini merupakan tanggung jawab kita semua dan ke depannya mungkin kegiatan seperti ini akan dilakukan di perusahaan hingga desa-desa lainnya, sehingga kita dapat mengantisipasi bersama potensi karhutla seperti kejadian pada tahun 2015,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa memberikan apresiasi kepada KAL. “Bentuk kepedulian KAL dalam menghadapi potensi karhutla dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainnya. Saya mengajak seluruh rekan-rekan untuk bahu-membahu, serta bersinergi menghadapi ancaman karhutla menurut BMKG dalam menghadapi cuaca ekstrim” ujar Letkol Inf Alim Mustofa.

Kapolres Ketapang, AKBP Laba Meliala, S.I.K juga menyampaikan bahwa  apel gabungan kesiapan dalkarhutla ini adalah kegiatan pencegahan sekaligus edukasi dalam membangun kesadaran dan kesiagaan masyarakat terhadap karhutla.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama dalam pengendalian dan pencegahan karhutla, serta ditutup dengan simulasi pemadaman kebakaran oleh tim KTPA dan Pemadam Kebakaran (Damkar) KAL yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

General Manager KAL, Dadi, mengatakan bahwa apel gabungan ini merupakan suatu kehormatan bagi KAL dan sebagai bentuk kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya mendukung penanggulangan bencana karhutla di Ketapang. Dalam menghadapi potensi bencana karhutla yang diprediksi akan terjadi pada musim kemarau pada tahun 2023 akibat cuaca ekstrim El Nino, KAL telah menyiapkan beberapa upaya penanggulangan karhutla, serta telah berinvestasi dalam infrastruktur dan sumber daya manusia. Selain itu, KAL mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana karhutla.

 

Other Articles

ANJAS GELAR SAFARI RAMADAN DI ANGKOLA SELATAN, PERKUAT SILATURAHMI DAN JALIN KEAKRABAN DENGAN MASYARAKAT
08 Apr 2024

Tapanuli Selatan – PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) kembali menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadan di Dusun Binasari, Lingkungan Labalasiak dan Lingkungan Janji Matogu, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah berlangsung di mesjid Masjid Al-Hidayah Janjimatogu pada tanggal dan Mesjid Al-Falah Binasari 26 dan 28 Maret 2024.

KAL GELAR SAFARI RAMADAN DAN BUKA BERSAMA DI MATAN HILIR UTARA
03 Apr 2024

Ketapang – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, mengadakan kegiatan Safari Ramadan di Kecamatan Matan Hilir Utara. Kegiatan tersebut meliputi buka bersama dengan masyarakat dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), serta penyaluran donasi pada Rabu (27/03).

SMM DUKUNG PETANI SAWIT BELITUNG TIMUR DENGAN PENYERAHAN PREMI MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN
28 Mar 2024

Belitung Timur – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), kembali memberikan penghargaan kepada para petani mitranya melalui lima koperasi. Penghargaan ini berupa premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan dengan total senilai Rp 442.283.998. Penyerahan premi ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center pada 27 Maret 2024.