Investor Relations

PMP GELAR SIMULASI PENANGANAN PASIEN COVID-19

11 May 2020

 

Sorong Selatan – Dalam upaya membangun koordinasi dan respons yang tepat dan cepat, PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) menggelar latihan penanganan pasien Covid-19 di area pabrik kelapa sawit, Jumat (08/05).  

Gritje Fonataba, Kepala Hubungan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan ANJ untuk wilayah Papua, menjelaskan tujuan simulasi atau latihan ini adalah untuk tindakan pencegahan dan memantapkan respons penanganan bila ada pasien Covid-19 di lingkungan kerja perusahaan.

“Latihan ini dilaksanakan agar tim medis kami dan petugas yang ditunjuk mampu memahami dan menjalankan tugasnya masing-masing. Skenario yang digunakan adalah rangkaian tindakan medis untuk menangani pasien pingsan dengan diagnosis Covid-19 yang perlu di evakuasi ke rumah sakit rujukan pemerintah. Namun sebelum dirujuk, pasien meninggal,” papar Gritje.

“Sehingga proses selanjutnya adalah penanganan terhadap pasien meninggal. Semua simulasi atau latihan mengacu pada prosedur penanganan yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sorong Selatan,” tambahnya.

Skenario simulasi diawali dengan adanya laporan  darurat tentang seorang karyawan yang pingsan saat sedang bekerja. Setelah informasi diterima, tim medis dengan APD lengkap segera menuju lokasi kejadian dan mengambil tindakan sesuai dengan protokol dan prosedur penanganan pasien Covid-19.

Dalam skenario simulasi kali ini, kata Gritje, tim medis perusahaan belajar menerapkan protokol penanganan terhadap pasien yang pingsan dengan dugaan Covid-19 serta praktek mengevakuasi pasien kritis ke Sorong melalui Teminabuan.

Simulasi ini mendapat perhatian serius dan diapresiasi GM PMP Bambang Widjanarko. Menurutnya, kegiatan ini memberikan banyak manfaat serta  pembelajaran tidak hanya untuk tim gugus tugas Covid-19 PT PMP namun semua pihak yang terlibat dalam proses penanggulangan dan penanganan kejadian pandemi Corona di lingkungan perusahaan, termasuk kesiapan APD dan sarana pendukung. 

Bambang juga menyampaikan bahwa pelaksanaan simulasi ini penting untuk memastikan penanganan dilakukan sesuai aspek keselamatan dan protokol yang berlaku dan konsisten.    

Latihan yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 PMP ini melibatkan seluruh divisi dan dihadiri oleh tim dari PT Permata Putera Mandiri (PPM), unit usaha Grup ANJ yang juga beroperasi di Sorong Selatan.

Pelatihan ini telah dikoordinasikan dan dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Sorong Selatan dan dokter yang mewakili Puskesmas Kais sebagai pengamat luar.

 

Other Articles

PT GMIT Salurkan Masker KN95 dari Yayasan Tahija Untuk Tenaga Medis di Jember
22 May 2020

Jember – PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), unit usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang mengoperasikan pabrik edamame dan sayuran beku, menyalurkan bantuan 2.000 masker KN95 bagi tenaga medis yang berjuang melawan virus Corona di Kabupaten Jember.

ANJ Gelar Pencegahan COVID-19 di Unit Usaha Papua Barat
31 Mar 2020

Sorong – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menggelar sosialisasi penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di kantor perwakilan di kota Sorong dan dua unit usaha perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Sorong Selatan.

ANJ Obtained Certificate of Recognition for Sustainability Performance
27 Feb 2020

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) last week obtained the Certificate of Recognition for its sustainable performance from Global Initiatives, whose partners include the Indonesian Business Council on Sustainable Development (IBCSD), PwC Indonesia and the Indonesian Chamber of Commerce.