speaker

Investor Relations

RAPAT KOMISI ANDAL - RKL RPL TERHADAP FASILITAS PENUNJANG PMP

10 Feb 2021

 

Sorong – (10/2) Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Propinsi Papua Barat, bersama tim ahli Universitas Gajah Mada dan tim tehnis telah melaksanakan rapat pembahasan Analisa Dampak Lingkungan Hidup-Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (ANDAL RKL-RPL) terhadap pengembangan fasilitas perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit PMP, pada 10-11 Februari 2021 di Swissbell Hotel Kota Sorong.

Kegiatan sidang dan rapat Komisi ini meliputi penilaian dokumen terhadap pengembangan fasilitas perkebunan dan Pabrik pengolahan kelapa sawit PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) di kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat serta mendengarkan masukan/saran dari masyarakat.

Selain dihadiri PT Mitra Hijau Indonesia (konsultan pembangunan),  sidang Andal juga dihadiri PMP,  OPD terkait dari kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat sebagai tim teknis dan tim ahli dari Universitas Gajah Mada.  

Sesuai kapasitasnya tim ahli secara khusus menilai dokumen dan membahas aspek teknis pembangunan. Sementara pembahasan yang fokus pada aspek sosial dan lingkungan,  pemerintah menghadirkan perwakilan masyarakat dari 8 kampung yang berasal dari  Distrik Kais Pantai, Kais Darat serta Distrik Aifat Timur Selatan.

Daniel Leonard Sekretaris Komisi merangkap Ketua tim teknis menyatakan bahwa  penilaian terhadap dokumen Andal yang dilakukan kali ini melibatkan dua kabupaten yaitu Sorong Selatan dan Maybrat, sehingga pelaksanaannya harus dilaksanakan di kota Sorong dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Karena masih pandemi saya meminta agar seluruh peserta tetap memperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak serta tetap menggunakan masker,” kata  Daniel Leonard.

Prof Eko Sugiharto, tim ahli dari UGM yang bergabung secara virtual juga memberikan arahan agar memberikan penilaian terarah pada dokumen.

“Masing-masing penilai harus mencermati bab dan memberikan penilaian berdasarkan keahlian masing-masing dan teliti,” kata Prof Eko. 

Kepala Departemen Hubungan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Gritje Fonataba menyatakan bahwa, pengembangan terhadap fasilitas perkebunan dan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit merupakan bagian dari komitmen ANJ sebagai investor dalam pengembangan unit usahanya yang ada di Papua Barat. Tentu dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan aspek lingkungan serta dampak yang ditimbulkan.

“Sidang Andal terhadap dokumen lingkungan ini penting bagi pengembangan terhadap fasilitas perkebunan termasuk pabrik kelapa sawit PMP, karena hasilnya nanti untuk melengkapi dokumen Andal yang telah kami miliki sebelumnya. Tentu dengan penilaian dari tim ahli serta masukan, saran masyarakat,” kata Gritje Fonataba.

 “Sesuai ketentuan yang berlaku tim teknis yang terdiri dari pemerintah propinsi Papua Barat dan pemerintah daerah Kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat  akan melakukan penilaian terhadap dokumen yang diajukan,  termasuk  adanya perbaikan dan penyempurnaan  dokumen  dengan tambahan dokumen lampiran dan saran peserta,” ujar Gritje.

“Saran dan masukan dari masyarakat juga perlu. Pelibatan masyarakat itu nyata dan vital bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat itu sendiri,” ungkap Gritje.

Rapat komisi dilaksanakan sebagai sebagai salah satu syarat seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 26 Tahun 2018 Pasal 43 ayat 1 Pelaku Usaha wajib mengajukan permohonan perubahan Izin Lingkungan, apabila Usaha dan/atau Kegiatan yang telah memperoleh Izin Lingkungan direncanakan untuk dilakukan perubahan.  Pasal 43 ayat 2, Perusahaan wajib melakukan perubahan terhadap Izin Lingkungan karena memenuhi kriteria berupa perubahan sarana usaha dan/ atau kegiatan dan ada usaha dan/atau kegiatan di dalam kawasan yang belum tercakup di dalam izin lingkungan.

 

Other Articles

Klinik Kesehatan PT PMP Peroleh Ijin Operasi
11 Feb 2021

Sorong Selatan – Klinik Kesehatan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) telah memperoleh ijin operasi dari Dinas Kesehatan kabupaten Maybrat. Pemberian ijin ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2014 tentang ijin klinik, dengan ijin ini, klinik PMP dapat memberikan pelayanan kesehatan tidak hanya kepada karyawan saja namun juga bagi masyarakat yang tinggal disekitar wilayah operasional PMP.

PMP GELAR LOMBA PERUMAHAN SEHAT DAN LESTARI
22 Jan 2021

Sorong Selatan – PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) menggelar Lomba Perumahan Sehat dan Lestari selama dua hari, tanggal  22 hingga 23 Januari lalu.  Lomba yang diinisiasi oleh Lembaga Kerja Sama (LKS) Bipartit ini bertujuan untuk meningkatkan budaya hidup sehat dan cinta lingkungan bagi seluruh karyawan, yang tercermin dari perumahan yang bersih, rapi serta asri. Berdasarkan standar, aspek dan kriteria yang disepakati; target penilaian diberikan kepada perumahan barak divisi, barak perumahan Hexagon dan perumahan Cendrawasih oleh lima juri yang berasal dari Environment Health Safety (EHS), Sustainability Compliance, Research & Development,  klinik dan konservasi.

ANJ DUKUNG INDONESIA HIDUP LEBIH SEHAT DENGAN SAGU
30 Dec 2020

Jakarta - Sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia bagian timur, terutama di Papua dan Maluku. Sagu bisa diolah dalam berbagai macam bentuk, mulai dari tepung, gula, bahkan beras sagu. Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia Timur, sagu memang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.