speaker

Investor Relations

SMM TANAM LANGIR DI KAWASAN MATA AIR NYATO BERSAMA BERBAGAI STAKEHOLDER

15 Jul 2022

 

Belitung, 15 Juli 2022 – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) telah melakukan program Penanaman Tanaman Lokal asli pulau Belitung, Langir (Albizia saponaria) bersama dengan berbagai stakeholder. Penanaman Langir dilakukan di salah satu areal konservasi SMM, yaitu kawasan Mata Air Nyato dengan luasan 13.91 Ha. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur, Camat Kecamatan Dendang, Kepala Desa Jangkang, serta kelompok masyarakat.

Kawasan Mata Air Nyato memiliki Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dengan hasil keberadaan NKT 4.1, yaitu kawasan ekosistem yang penting sebagai penyedia air dan pengendalian banjir bagi masyarakat hilir, serta NKT 5, yaitu kawasan yang mempunyai fungsi penting untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat lokal.

Kegiatan penanaman ini merupakan perayaan awal dalam memulai pengayaan tanaman lokal di Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur. Untuk kedepannya, terdapat tiga kelompok masyarakat yang akan bekerja sama dalam menyukseskan program ini, yaitu Kelompok Nelayan Keretak Nibong, Kelompok Madu Laskar Misela dan LSM Selatan Puake.

Dalam sambutannya, Ridwan Damanik, General Manager SMM, mengatakan bahwa kegiatan penanaman ini adalah implementasi "klekak", istilah yang digunakan untuk melestarikan kawasan hutan dan menghijaukan kembali area-areal yang semestinya menjadi zona hijau hutan, serta kawasan konservasi lainnya. Hal ini juga sejalan dengan misi dari Pemkab Belitung Timur. Dengan kerjasama antara perusahaan dan pemerintah serta masyarakat yang sudah berjalan dengan baik, diharapkan agar bersama-sama menjaga kawasan Mata Air Nyato yang memiliki sumber mata air yang dapat dimanfaatkan bersama.

“Tanaman Langir banyak ditemukan di kawasan hutan makam Balok yang merupakan area konservasi kami. Langir sendiri memiliki daya tarik, yaitu memiliki kanopi yang luas dan menjadi salah satu sumber makanan hewan di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi alasan kami memilih Langir sebagai pengayaan tanaman lokal di kawasan Mata Air Nyato, Joseph Jaya Estate,” tambah Ridwan.

Para undangan yang hadir juga ikut serta menanam Langir yang sudah disediakan sejumlah 100 bibit. Bibit tanaman lokal ini sebelumnya dibibitkan oleh Departemen Konservasi SMM.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur, Novis Ezuar, ST, M.I.L menyambut baik undangan yang ditujukan kepadanya, beliau menyampaikan sangat antusias dengan program yang dilakukan oleh SMM dalam pelestarian lingkungan seperti penanaman pohon lokal di kawasan konservasi Mata Air Nyato ini.

“SMM ini sudah ada tindakan nyata terkait dengan pelestarian daripada keanekaragaman hayati yang ada di pulau belitung ini ataupun khususnya di belitung timur ini, karena mungkin tidak banyak ada perusahaan yang masih mau menyisakan lahan mereka untuk ditanami pohon-pohon ini,” ujar Novis.

Selanjutnya sambutan dari Camat Dendang, Shoufian, S.Ap menyampaikan selain penanaman tanaman lokal yang mendukung untuk menjaga kawasan Mata Air Nyato, diharapkan agar kawasan ini tetap dijaga bersama, karena kebutuhan bersama terhadap air itu banyak.

Selain melakukan penanaman Langir, SMM juga mengadakan sosialisasi eco-enzyme yang disampaikan oleh Dendih Sukmawidjaya, Staff Research and Development SMM kepada para undangan yang hadir. Adapun manfaat dari eco-enzyme itu sendiri yaitu sebagai stimulus pertumbuhan tanaman, pengharum ruangan, filter air, cairan pembersih serbaguna, dan pestisida tanaman.

Manfaat dari eco-enzyme yang disampaikan mendapat sambutan antusias dari para tamu undangan, salah satu anggota dari Dinas Lingkungan Hidup menanyakan bahan dasar dan ukuran takaran dalam penggunaan yang di aplikasikan pada tanaman serta manfaat.

Eco-enzyme adalah pestisida alami  alami yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan yang merupakan sisa-sisa organik olahan rumah tangga, kemudian difermentasikan dengan campuran dari gula aren.

 

Other Articles

SMM RAYAKAN PANEN EDAMAME HASIL PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI TUAH BERKARYA BELITUNG TIMUR
12 Aug 2022

Belitung – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) baru-baru ini merayakan panen edamame di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur. Panen edamame yang diadakan pada hari Senin (8/8) di kebun milik Kelompok Tani Tuah Berkarya tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat GERBANG EMAS atau Gerakan Mengembangkan Edamame untuk Masyarakat yang dilaksanakan oleh SMM sejak akhir tahun 2020. Panen tersebut diikuti oleh anggota Kelompok Tani Tuah Berkarya, perwakilan staf, dan perwakilan manajemen SMM di lahan seluas 0,1 ha.

50 SISWA LULUS PROGRAM VOKASI SMM DAN KEMENPERIN
09 Aug 2022

Belitung – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) melepas 50 siswa yang berhasil lulus Program Pendidikan Vokasi setara D-I pada 6 Agustus 2022 yang lalu. Program Pendidikan Vokasi tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, salah satu Perguruan Tinggi milik pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

NAIK 66,1%, ANJ BUKUKAN LABA BERSIH US$19,3 JUTA DI SEMESTER PERTAMA 2022
31 Jul 2022

Jakarta – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) mengumumkan kinerja operasional dan keuangan semester pertama tahun 2022 yang mencatat laba bersih sebesar US$19,3 juta, naik 66,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2021.